Enter your keyword

Program Pembinaan Jurnal Ilmiah 2012

Program Pembinaan Jurnal Ilmiah 2012

Berkala ilmiah merupakan sarana untuk mempublikasikan hasil penelitian ipteks, kajian ilmiah, dan tempat berbagi informasi bagi perkembangan Ipteks. Berkala ilmiah memberikan fasilitas baik bagi dosen, atau pun anggota sivitas akademika atau pun lembaga lainnya untuk mempublikasikan tulisan-tulisan ilmiahnya. Publikasi melalui jurnal ilmiah merupakan salah satu tolak ukur kualitas penelitian, terutama untuk jurnal ilmiah yang telah terakreditasi dan telah terindeks.

 

Berdasarkan hasil evaluasi, penampilan sebagian besar jurnal ilmiah yang ada di Indonesia belum sesuai dengan yang diharapkan. Dari sebagian besar jurnal ilmiah tersebut, perlu diperkuat aspek mendasarnya, antara lain tersedianya artikel yang bermutu, proses penyuntingannya dan kemampuan memasarkan atau penyebarannya. Kemampuan menulis masyarakat ilmiah Indonesia dirasakan masih rendah sehingga kemauan untuk menulis artikel ilmiah dan dipublkasikan dalam jurnal yang bermutu yang terakreditasi masih terus harus dipacu.

 

Untuk itu melalui program ini, ITB Journal yang telah terakreditasi DIKTI dan terindeks Scopus akan melakukan program pembinaan terhadap jurnal ilmiah yang belum terakredi-tasi. Indikator keberhasilan dari program ini diantaranya adalah adanya peningkatan skor evaluasi diri Akreditasi Jurnal, peningkatan mutu penyuntingan, pening-katan mutu artikel, pencapaian jangkauan aspirasi nasional, pembinaan mitra bestari, serta upaya dalam penginternasionalan mutu penerbitan berkala Indonesia.

 

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

SESI I :

Hari/Tanggal : Jumat, 15 Juni  2012
Waktu : 08.00 – 20.00
Tempat : Hotel Sawunggaling

SESI II :

Hari/Tanggal : Jumat,13 Juli  2012
Waktu : 08.00 – 18.00
Tempat : Hotel Sawunggaling

 

CONTACT PERSON:

Dini S. Permatasari/Yuliah Qotimah
ITB Journal
d.a. Kantor WRRI/LPPM ITB
Ged. Rektorat ITB Lt. 5,
Jl. Tamansari No. 64 Bandung
Telp. 022-2501759, Fax. 022-2504010
Email: proceedings@lppm.itb.ac.id

 

Untuk formulir pendaftaran dan detail agenda kegiatan dapat di download pada link di bawah ini.
Leaflet_Pembinaan_Jurnal_Ilmiah_2012.pdf