Posted November 2, 2012 by admin in Berita

Seminar dan Pameran “Inovasi dan Kontribusi Peneliti ITB Bagi Industri dan Masyarakat”

Pada tanggal 31 Oktober 2012 yang lalu, LPPM ITB bekerjasama dengan Banana Group SITH ITB, telah mengadakan Seminar dan Pameran “Inovasi dan Kontribusi Peneliti ITB Bagi Industri dan Masyarakat”. Seminar yang dilaksanakan di Auditorium Ipteks, Campus Center Timur ITB ini menghadirkan beberapa pembicara diantaranya:

  1. Dr. Ir. Catur Hermanto (Balai Penelitian Buah Tropika, Solok Sumbar), menyampaikan tentang potensi buah-buahan lokal dan pentingnya buah-buahan Indonesia di mata dunia, kendala yang dihadapi dalam usaha konservasi dan pengembangan buah serta usaha pemerintah dalam memecahkan kendala tersebut.
  2. Bpk Martin M. Widjaya (Acting CEO PT. Sewu Segar Nusantara), –berbagi tentang peran PT. Sewu Segar Nusantara dalam mengembangkan bisnis buah-buahan lokal.
  3. Bpk Senjaya Hidayat Sadikin (Owner PT. Mayasari Bakery Cake and Pastry),– berbagi tentang peran PT. Mayasari Bakery Cake and Pastry dalam mengembangkan bisnis berbasis buah lokal, kendala yang dihadapi saat menggunakan buah lokal dan pemecahannya.
  4. Fenny M. Dwivany, PhD (SekolahI lmu dan Teknologi Hayati, ITB), berbagi tentang kegiatan penelitian terkait buah lokal yang dilakukan oleh timnya di ITB untuk menjawab permasalahan dalam mengembangkan buah lokal, antara lain penundaan pematangan buah dan resistensi terhadap penyakit.
  5. Ir. I Gede Wenten, Ph.D., menyampaikan tentang prospek dan tantangan membran teknologi.
  6. Dr.Eng. Ferry Iskandar, M.Eng., menyampaikan tentang pengembangan material fosfor, serta sintesis dan aplikasi dari material fosfor.
  7. Dr. Gede Suantika, S.Si.,M.Si., menyampaikan tentang sistem tertutup pada budidaya perikanan, khususnya dalam budidaya udang.

Pada sesi pertama yang bertema  “Kontribusi Sains dan Teknologi untuk mengangkat Citra Buah Lokal”, diadakan diskusi yang dipandu oleh Dr. Rizkita Rahmi Esyanti, dengan narasumber, yaitu:

  1. Langgeng Muhono, S.P., M.P., wakil dari Direktorat Budidaya dan Pascapanen Buah, Departemen Pertanian
  2. Ir. Sonson Garsoni, wakil dari Kadin Jabar
  3. Bapak Dedi Muhtadi, wakil dari Media (Kompas Group)

Sesi pertama tentang buah lokal ini pun menghadirkan penampilan karya digital dari Jovita Laviosa (Sekolah Komputer Anak Cinta Indonesia, Bandung) bertema “Anak Sehat Suka Makan Buah Lokal”, dan ditutup dengan pemberian kenang-kenangan kepada narasumber dan pembicara, serta pemberian doorprize.

Pada seminar yang dibuka oleh Wakil Rektor bidang Riset dan Inovasi, Prof.Dr. Wawan Gunawan A. Kadir, MS. ini juga menampilkan pameran hasil penelitian dosen ITB serta pameran produk buah dari PT. Sewu Segar Nusantara. Para pengunjung pameran berkesempatan untuk mencicipi buah lokal yang diproduksi dan dipasarkan oleh PT. Sewu Segar Nusantara seperti Nanas, Melon, Pisang, dan Pepaya.

Selain itu, sebagai salah satu sponsor, PT. Mayasari Bakery Cake and Pastry juga memberikan kesempatan kepada pengunjung pameran untuk mencoba berbagai macam produk Mayasari khususnya pisang bolen.

Kegiatan ini diliput juga oleh beberapa media massa yang hadir, dan di bawah ini terdapat beberapa cuplikan berita yang berhasil diliput oleh media cetak.

Langgeng Muhono, S.P., M.P.

admin