Indonesia  English



Pusat Penelitian

Pusat Penelitian adalah wadah fungsional sebagai organisasi program yang melaksanakan dan mengelola  penelitian/riset ITB  sesuai dengan bidang-bidang yang diamanatkan oleh Senat Akademik ITB No. 20/SK/K01-SA/2010.

Sebagai upaya berperan-serta menegakkan kemandirian dalam IPTEKS dan survival bangsa
Indonesia, bidang-bidang yang direkomendasikan untuk menjadi fokus penelitian sepuluh tahun ini (2010 —2020) di ITB yaitu terfokus pada 7 bidang :
1) Infrastruktur, Mitigasi Bencana, dan Kewilayahan
2) Energi
3) Teknologi Informasi dan Komunikasi
4) Pangan, Kesehatan dan Obat-obatan
5) Produk Budaya dan Lingkungan
6) Teknologi Nano dan Kuantum
7) Bioteknologi

Dua bidang merupakan terakhir merupakan Iptek masa depan dan yang lain merupakan produk aplikasi dan berorientasi pada teknologi hijau (green technology) dan perubahan iklim (climate change).

Bidang penelitian Iptek masa depan harus merupakan penelitian dasar bukan berupa penelitian aplikasi.

Produk aplikasi dan iptek masa depan ini harus merupakan penelitian antar disiplin untuk ini diperlukan adanya pusat pusat atau pusat penelitian dengan fokus pada 7 bidang tersebut. Bidang bidang ilmu yang ada di ITB saat ini adalah merupakan alat (tools) untuk menunjang 7 fokus ini. Pusat pusat atau pusat penelitian tersebut diharuskan mempunyai roadmap penelitian yang jelas, terencana dan mendapat pengesahan dari Senat Akademik, dan dievaluasi secara berkala. Untuk bidang yang dianggap strategis dan mendapatkan perhatian yang kurang dari pemerintah dan masyarakat, ITB harus memberikan perhatian khusus pada bidang ini.

Bidang-bidang yang termasuk dalam fokus penelitian tersebut dan penekanan pada masing masing bidang tersebut harus tercantum dalam road-map penelitian.

Bidang strategis lainnya seperti mitigasi dan manajemen bencana dapat dimasukkan dalam produk aplikasi infrastruktur dan kewilayahan, advanced material dimasukkan dalam iptek masa depan teknologi nano dan kuantum, dan industri kreatif dalam produk budaya dan lingkungan. Produk luaran dari hasil penelitian harus termasuk dalam surat keputusan Senat Akademik tentang kategori luaran riset (SK Senat Nomor 23/SK/K01-SA/2009).

Download SK Rektor ITB Nomor : 054/SK/11.A/KP/2011