Indonesia  English



Program Riset ITB

1. Program Riset Unggulan

Program Riset Unggulan (RU) ITB adalah riset institusi yang dicanangkan untuk tujuh fokus riset ITB seperti tertuang dalam Surat Keputusan Senat Akademik ITB (No. 20/SK/K01-SA/2010) yakni:

  1. Infrastruktur, Mitigasi Bencana, dan Kewilayahan;
  2. Energi;
  3. Teknologi Informasi dan Komunikasi;
  4. Pangan, Kesehatan dan Obat-obatan;
  5. Produk Budaya dan Lingkungan;
  6. Teknologi Nano dan Kuantum;
  7. Bioteknologi.

Program ini dilaksanakan oleh 6 Pusat Penelitian yang ada di ITB, dengan misi mempercepat kemampuan ITB dalam menghasilkan karya-karya riset yang unggul (emerging) di lima bidang prioritas di atas. Riset Unggulan ini dapat melibatkan SDM di semua KK yang ada di ITB di bawah koordinasi pimpinan PP sesuai peta jalan (road map) PP masing-masing. Topik-topik riset PP yang sejalan dengan peta jalan PP harus disosialisasikan oleh masing-masing PP ke staf dosen di lingkungan Fakultas/Sekolah yang terkait. Sementara itu, staf akademik di tiap KK yang berminat terlibat dalam skema program RU harus aktif menjalin komunikasi dan koordinasi dengan pimpinan PP terkait sejak awal. Proposal untuk skema ini diusulkan oleh sekelompok staf intra/inter KK ke masing-masing PP terkait dengan mengacu pada TOR dan peta jalan PP. Proposal harus melalui evaluasi dan persetujuan PP sebelum evaluasi final dilakukan oleh LPPM untuk didanai atau tidak.

Proposal RU yang akan didanai hanya proposal yang telah diproses secara matang oleh masingmasing PP sehingga dapat secara jelas mendukung peta jalan PP. Proposal yang tidak/belum jelas keterkaitannya dengan peta jalan PP sebaiknya diajukan melalui skema Program Riset KK. Anggaran dana RU pada dasarnya bersifat at cost sesuai kebijakan PP masing-masing dan tergantung besarnya dana yang dialokasikan untuk skema RU serta kemampuan daya serap PP masing-masing. Informasi rinci tentang proses pengajuan proposal dapat diperoleh dari PP masing-masing.

2. Program Riset Kelompok Keahlian (KK)

Program Riset KK adalah riset yang dilakukan oleh staf dosen dalam satu KK atau gabungan beberapa KK di Fakultas/Sekolah sesuai dengan peta jalan KK terkait. Program ini dimaksudkan untuk memacu pertumbuhan riset berkualitas di masing-masing KK. Riset ini juga diharapkan dapat disinergikan dengan tugas akhir mahasiswa program pasca sarjana magister dan riset disertasi program doktor di masing-masing KK dalam rangka membangun ITB sebagai universitas berbasis riset. Namun demikian, topik riset tetap harus dalam kerangka pencapaian peta jalan KK terkait. Riset yang dilakukan secara 3 kerjasama interdisiplin (antar KK dalam satu Fakultas/Sekolah maupun lintas Fakultas/Sekolah) lebih diharapkan. Program Riset KK merupakan program yang ditujukan bagi Kelompok Keahlian (KK) di ITB dalam rangka mendukung dan mengembangkan kegiatan penelitian di KK. Proposal diajukan oleh tim dosen dengan persetujuan Ketua KK dan Dekan Fakultas/Sekolah tempat Ketua Tim Peneliti bernaung. Riset ini dibedakan atas 2 kategori yaitu Riset KK A dengan jumlah dana Rp. 150 juta dan Riset KK B dengan jumlah dana Rp. 50 juta.

3. Program Riset Peningkatan Kapasitas (RPK)

Program Riset Peningkatan Kapasitas ITB merupakan program riset yang diharapkan dapat meningkatkan jumlah dosen ITB yang terlibat aktif dalam kegiatan penelitian. Sasaran dari Program Riset Peningkatan Kapasitas adalah staf dosen ITB yang memiliki potensi, namun belum/tidak terlibat secara aktif dalam kegiatan penelitian dalam 3 tahun terakhir, serta dosen muda yang baru kembali bertugas di ITB. Dana yang disediakan untuk tiap penelitian adalah Rp. 50 juta.

Panduan Program Riset ITB : panduan-riset-itb-2015