Indonesia  English



Program Insentif Riset SINas

  1. Program Riset Dasar (RD)
    1. penelitian yang berupa pengembangan ide baru yang kritis dalam bidang keilmuan;
    2. penelitian yang memberikan kontribusi bagi pembaharuan dan/ atau pengembangan, verifikasi teori dan konsep baru, serta metode baru dalam bidang keilmuan;
    3. penelitian yang memberikan manfaat akademik bagi pengembangan teori dan kajian ilmiah yang mutakhir (sesuai dengan state of the art dalam bidang ilmu tertentu) yang mendukung topik yang ditawarkan.
  2. Riset Dasar adalah penelitian teoritis dan atau eksperimental guna memahami masalah dan mendapatkan pengetahuan baru tentang prinsip-prinsip dasar dari fenomena atau fakta yang teramati. Tujuan Riset Dasar adalah untuk mengejar ketertinggalan penguasaan iptek (state of the art) dan menghasilkan penemuan-penemuan baru atau terobosan baru (breaktrough) yang berkualitas.

    Kriteria Riset Dasar meliputi :

  3. Program Riset Terapan (RT)
    1. riset yang bermuara pada pemecahan masalah teknologi yang factual;
    2. memberikan peningkatan nilai tambah (added value);
    3. ada unsur keterpaduan antar disiplin ilmu yang saling melengkapi.
  4. Riset Terapan adalah riset yang mengintegrasikan teknologi secara sistematis dari hasil-hasil riset dasar. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan pengintegrasian teknologi khususnya dalam mengaplikasikan hasil-hasil riset dasar menjadi proven technology. Riset Terapan diutamakan untuk kegiatan penelitian/perekayasaan yang hasilnya mempunyai prospek menuju tahap produksi massal (industry) yang bernilai komersial.

    Kriteria Riset Terapan meliputi :