15 Juni 2000

ISSN 0852-8667

BERITA
PENELITIAN
ITB

 

PENGANTAR

Assalamu’alaikum w.w.
Para pembaca BP-ITB yang setia,

Sekapur Sirih
Melepas Jabatan Prof. R.E. Soeriaatmadja, MSc. Ph.D.
Mantan Ketua LP ITB

Jika berencana untuk satu tahun, tanamlah padi
Jika berencana untuk sepuluh tahun, tanamlah pohon
Namun jika berencana untuk seratus tahun, didiklah generasi penerus.

Kutipan tamsil diatas berasal dari Confusius seorang bijak yang rasanya patut untuk dihayati secara mendalam. Dari ungkapan tersebut terkandung satu hal yang mendasar, yaitu warisan wawasan bagi generasi muda. Wawasan yang sinambung untuk memekarkan bakat generasi muda ke tingkat setinggi-tingginya, utamanya bakat kemanusiaannya (well being) dalam rangka pencerahan (aufklarung) bagi semangat kebersamaan dan semangat bersaing namun yang disertai semangat kerjasama.

Yang lebih utama bagi ITB untuk saat ini adalah diperlukannya kehadiran sinambung bukan sekadar dosen, namun dari sosok ‘guru’ yang dapat mewariskan nilai-nilai luhur dalam hidup dan kehidupan. Sementara itu bagi Lembaga Penelitian ITB adalah figur penyokong ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dengan wawasan terbuka dan paripurna. Sebuah pengertian yang tentu saja tidak seperti ‘katak dalam tempurung’ atau sebagaimana seorang pendaki gunung yang baru mencapai lereng bukit dengan cakrawala sekelilingnya yang sempit berujar seolah dia telah mencapai puncak dengan pandangan yang sangat luas. Bagi peneliti diperlukan semangat untuk senantiasa memperbaharui hasil temuannya, dan terbuka akan masukan dari sekelilingnya.

Wawasan sebagaimana yang dimaksud di atas tentu saja termasuk di antaranya adalah terbangunnya motivasi. Motivasi ini Insya Allah semakin meningkat setelah sekian lama Lembaga Penelitian ITB di bawah pimpinan dan binaan Profesor R.E. Soeriaatmadja, figur seorang ‘guru’ bagi kami. Beliau telah berbuat banyak bagi kami, sebagai sosok senior yang membimbing kami yang muda, memberikan motivasi sehingga Lembaga Penelitian ITB berkembang mencapai kondisi seperti sekarang ini, yang menjadi garda depan dalam memacu pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya di ITB. Beliau berupaya mempromosikan para peneliti sekaligus calon ’guru’, yang nampak semakin langka.

Berangkat dari kesungguhan beliau kami sepakat untuk mempersiapkan timbal balik berupa pengabdian berkelanjutan yang optimal bagi perguruan tinggi terbaik di negeri ini melalui pengembangan Lembaga Penelitian ITB menyongsong masa yang akan datang. Terimakasih Pak Aat, dan penghargaan yang tinggi atas kepemimpinan anda selama di Lembaga Penelitian ITB. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kebahagiaan dalam menjalankan tugas baru di lingkungan ITB.

Selamat Membaca! Wassalamu’alaikum w.w.

Pengasuh

 

Kesan dan Pesan

Kesan dan Pesan R.E. Soeriaatmadja
Ketua Lembaga Penelitian ITB Periode 1997-2000

Saya diminta oleh "pengasuh" Berita Penelitian-ITB untuk memberikan kesan dan pesan selama menjadi Ketua LP-ITB dalam tiga tahun terakhir ini. Baiklah, saya mulai dengan :

Kesan:

Pertama, rasanya waktu cepat berlalu, tiga tahun memimpin LP-ITB rasanya baru tiga minggu. Kesan ini menunjukkan bahwa selama saya bekerja untuk LP-ITB dukungan baik rekan di Kantor maupun di Kampus (rekan peneliti) ITB memang bukan main. Saya rasanya tidak pernah berbuat apa-apa untuk mereka dan untuk kiprah penelitian di ITB, yang terasa mereka telah membuat saya genah dan betah menjadi "sesepuh" mereka. Tidak pernah saya merasa dihadapkan pada masalah yang membuat saya gentar, pusing tujuh keliling, sehingga merasa lama dan ingin cepat selesai menjadi Ketua LP-ITB... Untuk kesan yang satu ini, di samping saya tentunya menundukkan kepala mengucapkan syukur Alhamdullilah, Ya Allah, berkat ridhaMu dan bimbinganMu jualah adanya..., maka saya diberikan keselamatan dan kebahagiaan dalam memimpin LP-ITB selama tiga tahun yang rasanya amat cepat berlalu itu. Namun baik kepada "mitra-saya-tercinta-sekantor di LP-ITB", maupun kepada "masyarakat peneliti IPTEK se-ITB", saya sampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas segala dorongan, bantuan, dan kemitraan yang telah disambung-rasa-dan-ragakan kepada saya. Tanpa bantuan mereka, saya tak akan mampu memimpin LP-ITB.

Kedua, sepanjang menyangkut lingkup kerja dan dinamika kiprah penelitian baik substantif maupun liputannya, LP-ITB memang acap menjadi salah satu yang "beruntung", karena telah mendapat kepercayaan banyak pihak baik dalam lingkup sektoral dari instansi pemerintah, maupun dunia-usaha dan lembaga penelitian lainnya. Banyak lembaga penelitian dari Perguruan Tinggi lain di Nusantara yang ingin "berguru" di bidang perolehan kepercayaan di bidang penelitian ini terhadap LP-ITB.

Ketiga, --ini barangkali yang patut diperbaiki dan dibenahi di masa depan--, yang insya Allah pada kesempatan lain akan dibahas lebih mendalam, bahwa keberhasilan penelitian di LP-ITB itu masih terlampau pekat bentuknya sebagai keberhasilan "individual". Baik dalam lingkup peneliti secara sosok pribadi, maupun secara kelompok bidang keahlian. Dengan kata lain, orientasi penelitian lebih berkiblat pada minat dan kemampuan "pribadi", dan "kelompok keahlian yang masih sempit", serta kurang mengarah pada suatu "pemecahan masalah IPTEK yang berlangsung dalam masyarakat secara nyata" yang digarap secara bersama antar para peneliti ITB yang cendekia dan berpotensi tinggi, serta berwawasan Nusantara dan Global. Sebenarnya, semula "gong" dari posisi saya sebagai Ketua LP-ITB ingin ditutup dengan suatu Seminar "Re-evaluasi dan Re-formasi Penelitian IPTEK di ITB menjawab tantangan IPTEK Abad-21" pada tahun ke...empat saya menjabat Ketua. Kemudian, kita serahkan hasil Seminar itu kepada pimpinan ITB masa datang. Namun, saya lupa bahwa usia jabatan saya hanya...Tiga Tahun (Maklum sudah pelupa, barangkali?).

Pesan saya pendek saja: Lanjutkan kiprah penelitian IPTEK di ITB dengan semangat penuh. Siap-siap untuk menghadapi reformasi di bidang kiprah penelitian IPTEK di ITB sebagai bagian dari Tridarma Bakti Perguruan Tinggi. Reformasi penelitian di ITB adalah milik kita, dari kita dan memang untuk kita...bersama:

Bangsa Indonesia yang Berwawasan Kesejagatan (Globalisasi)... guna menempuh Abad-21 yang penuh tantangan.

Terima kasih.

R.E. Soeriaatmadja

 

Penelitian

Pengumuman Usulan Penelitian

  1. Dr. Dhani Herdiwijaya, MSc. (AS) "Pengaruh Evolusi Bintik Matahari dan Lintang Matahari Terhadap Sudut Kemiringan Gerak Umbra Bintik Matahari"
  2. Dr. As'ari Nawawi, MSi. (FA) "Telaah Fitokimia dan Uji Aktivitas Pendahuluan Beberapa Jenis Jamur yang Beredar di Pasar Baru, Bandung"
  3. Dr.rer.nat. Linus Pasasa, MS. (FI) "Pemodelan Data Ground-Penetrating Radar 2D dengan Teknik Beda-Hingga Domain Waktu"
  4. Nurhasan, SSi. (FI) "Pemodelan Inversi Elektromagnetik dengan Metode Occam dan Aplikasinya untuk Mendelinasi Zona Konduktif Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat"
  5. Alexander A. Iskandar, Ph.D. (FI) "Persamaan Schrodinger Non Linier dengan Dispersi Orde Tinggi"
  6. Drs. Agustinus Agung Nugroho, (FI) "Kajian Transisi Fase Superkonduktor - Isolator dan Aspek Fisis Terkait dalam Bahan Superkonduktor Oksida Nd1.87 Ce0.13 CuO4-.."
  7. IGB Eddy Sucipta, MT. (GL) "Petrologi Batuan Metamorf Tekanan Tinggi di Daerah Karangsambung, Kebumen - Jawa Tengah"
  8. Plato M. Siregar, MSi. (GM) "Perencanaan dan Pengembangan Peralatan Geofisika Digital"
  9. Indah Widiastuti, ST., MT. (AR) "Kajian Sistem Proporsi pada Fasade Bangunan Rumah Tinggal Kolonial di Bandung"
  10. Aine Kusumawati, ST., MT. (SI) "Parutan Ban Bekas Sebagai Bahan Tambah Aspal pada Campuran Beton Aspal untuk Perkerasan Jalan"
  11. Sukandar, SSi. (TL) "Studi Pendahuluan Degradasi Zat Warna Tekstil Secara Fotokatalisis Menggunakan Titanium Oksida (Studi Kasus Zat Warna Acid Violet 56)"
  12. Ir. Retno Gumilang Dewi, Menv.Eng.Sc. (TK) "Pembuatan Prototipe Bio-reaktor An-aerob untuk Mengkonversikan Biomassa yang Terdapat pada Sampah Padat Pasar menjadi Gas Metana dan Kompos"
  13. Dra. Rini Syafriani, M.Kes. (MKDU) "Profil Kebugaran Jasmani Mahasiswa Tahap Persiapan Bersama ITB Berdasarkan Asal Propinsi (Kontribusi untuk Perbaikan Proses Pendidikan Olahraga pada Sekolah Menengah di Indonesia)"
  14. Drs. Takdir Nurmadi (PPAU-IH) "Pembuatan Model Vertikultur untuk Skala Produksi sebagai Bentuk Usaha Agribisnis pada Lahan Sempit"
  15. Harmein Rahman, ST., MT. (SI) "Pengembangan Alat Penetrometer Sebagai Alat Alternatif untuk Mengukur Tingkat Kekerasan Aspal"
  16. Dr.Ir. Chalid Idham Abdullah (GL) "Tektonika Cekungan Busur Muka Pulau Sumba Ditinjau dari Studi Struktur Batuan dan Studi Mikrofosil pada Satuan Batuan Formasi Kananggar"
  17. Musa Ali Mustofa, SSi. (GM) "Pengaruh Efek Lokal Terhadap Karakteristik Angin Monsun di Indonesia Bagian Barat (Jawa, Sumatra dan Kalimantan)"
  18. Ir. Sony Sulaksono Wibowo, MT. (SI) "Penggunaan Pasir Galunggung dalam Campuran Beraspal Tipe Hot Rolled Asphalt (HRA)"
  19. Andry Widyowijatnoko, ST., MT. (AR) "Pengembangan Konstruksi Dinding Bambu Plaster dalam Menunjang Pengadaan Rumah Murah"
  20. Ir. Mahardi Sadono, MT. (PN) "Peramalan Kinerja Tepat Waktu Penerbangan dengan Metoda Simulasi"
  21. Ir. Eka Djunarsjah, MT. (PPK) Pemetaan Batas Wilayah Propinsi Laut di Indonesia dalam Perspektif Undang-undang No. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah (Wilayah Studi Jawa Barat).
  1. Premana W. Premadi, Ph.D. (AS) "Estimasi Nilai Parameter Kosmologi dari Simulasi Lensa Gravitasi"
  2. Djoko Suprijanto, MSi. (MA) "Kode Tipe II atas Grup Abelian Z2K"
  3. Ir. Surjamanto, W., MT. (AR) "Penentuan Panjang Karakteristik Serat untuk Pembuatan Panil Dinding Bangunan dari Bahan Limbah Arang, Ijuk dan Serat Kelapa"
  4. Asep Sofyan, ST. (TL) "Sistem Informasi Pencemaran Udara Berbasis Komputer Menggunakan Model Prediksi: Studi Kasus Kota Bandung"
  5. Albertus Deliar, ST. (GD) "Pengembangan Perkebunan Teh dengan Memanfaatkan Teknologi Sistem Informasi Geografis"
  6. Dr.Eng. Nining Sari Ningsih (GM) "Studi Proses Erosi dan Akresi yang Dibangkitkan Gelombang di Dekat Suatu Struktur Jetty, Studi Kasus: Muara Sungai Glayem, Indramayu, Jawa Barat"
  7. Susanna, MT. (GM) "Studi Gerusan Lokal (Local Scouring) pada Bangunan Pantai"
  8. Ir. Wiwien Tribuwani, MT. (P2Par) "Pariwisata Budaya: Dampak Kegiatan Pariwisata terhadap Kehidupan Komunitas, dengan Kasus Kampung Naga"
  9. Drs. M.S. Fitriyanto, MSi. (PPK) "Teknik Kontrol Kualitas dan Seleksi Parameter Pasut dalam Penentuan Bidang Datum Vertikal Lokal".
  1. Prof.Dr. Lilik Hendrajaya, MSc., Ph.D.
    Directur Lab. of Earth Physics, ITB
  2. Dr. Edy Soewono
    Directur P4M – ITB
  3. Dr.Ir. Dicky Rezady Munaf
    Directur Lab. Structure and Materials – ITB
  4. Prof.Dr.Ir. H. Darmawsan Harsoekoesoemo
    Engineering Design Center, c/o Dept. of Mechanical Engineering – ITB
  5. Ir. Armein Z.R. Langi, MSc., Ph.D.
    Directur IURC Microelektronics – ITB

Ir. Ina Herliana Koswara, MSc. (P2Par), "Tingkat dan Pola Perjalan Wisata Berdasarkan Karakteristik Sosial dan Demografi (Studi Kasus: Penduduk Kota Jakarta dan Bandung)"

 

Peristiwa

Pada tanggal 10 Mei 2000 Pusat Penelitian Kelautan ITB (PPK-ITB) diundang oleh Komisi A DPRD Jabar untuk mengikuti rapat kerja mengenai pengembangan wilayah kelautan Propinsi Jawa Barat. Disamping PPK-ITB, Fakultas Hukum UNPAD dan Direktorat Geologi yang diwakili oleh Pusat Penelitian Geologi Laut dan Geologi Tata Lingkungan juga diundang pada rapat kerja tersebut.

PPK-ITB diwakili oleh Kepala PPK-ITB, Safwan Hadi, Ph.D., Koordinator Penelitian Bidang Geodesi dan Geomatika Kelautan, Dr.Ir. Widyo N. Sulasdi, Koordinator Peneliti Bidang Oseanografi, Dr. Agus Supangat, anggota peneliti Bidang Oseanografi, Dr. Nanang T. Puspito dan anggota peneliti Bidang Geodesi dan Geomatika Kelautan, Ir. Eka Djunarsjah, MT.

Pada rapat kerja tersebut PPK-ITB menyampaikan kegiatan PPK-ITB secara umum dan suatu model pengembangan wilayah pesisir dan laut.

Dalam pertemuan tersebut PPK-ITB mengajukan suatu usul bahwa untuk pengembangan dan pengelolaan wilayah pesisir dan laut, PEMDA Jabar perlu membentuk suatu Badan Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Laut dengan pendekatan fungsi manajerial bukan pendekatan struktural. Di samping itu untuk membantu Komisi A DPRD Jabar mengembangkan model pembangunan wilayah pesisir dan laut, PPK-ITB mengusulkan pembentukan suatu Forum Komunikasi atau Forum Pengkajian model pengembangan wilayah pesisir dan laut Propinsi Jabar. Usul pembentukan Forum pengkajian ini telah disetujui oleh Komisi A DPRD Jabar.

Hotel Milenium Jakarta telah menjadi tempat diselengga-rakannya seminar bertema "Pengabdian kepada masyarakat Merupakan Wujud Kepedulian Insan Akademis dan Aparat Pemda DKI Jakarta" pada tanggal 16 & 17 Mei 2000. Seminar yang memaparkan 15 hasil penelitian kerjasama ini dihadiri oleh sekitar 75 peserta yang terdiri atas aparat Pemda DKI, mitra kerja dan para peneliti yang berasal dari 7 Perguruan Tinggi (PT), yaitu ITB, UI, UNJ, Unpad, IIP, PTIK & STIA LAN.

Pada kesempatan yang sama juga diadakan pameran hasil penelitian kerjasama dari ketujuh PT tersebut, dimana ITB menjadi satu-satunya peserta pameran yang menyajikan perangkat keras.

Tanggal 17 Mei 2000 Sekretaris Rektor Bidang Administrasi Hubungan Masyarakat dan Sosial Budaya mengadakan Konferensi Pers mengenai Lembaga Penelitian ITB di Hotel Sawunggaling, Bandung.

Konferensi pers ini diawali dengan pengantar mengenai Visi & Misi ITB, kelembagaan-kelembagaan di ITB dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan wartawan/wartawati dari berbagai media cetak. Prof.Dr. R.E. Soeriaatmadja dalam kesempatan ini, menjelaskan posisi LP-ITB dalam kelembagaan ITB, Pusat-Pusat di bawah LP-ITB, hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan oleh staf pengajar ITB melalui LP-ITB.

Tim Promosi IPTEKS yang diwakili oleh Drs. Indarsjah Tirtawidjaja dan Budi Susilawati mengulas rencana kegiatan Expo ITB bulan Agustus mendatang. Sementara itu pelayanan yang dapat diberikan HaKI serta perolehan Paten melalui HaKI selama ini dijelaskan oleh Helianti Hilman, SH., LLM.

Acara yang ditutup dengan tanya jawab juga dihadiri oleh Dr.Ir. Doddy Abdassah selaku Humas ITB, wakil mahasiswa dari unit Kegiatan Paduan Suara Mahasiswa.

Lab. Termodinamika PPAU-IR, Lembaga Penelitian, ITB bekerja sama dengan Thermodynamics Research Laboratory, Department of Chemical Engineering, University of Illinois at Chicago, akan mengadakan konferensi internasional dengan judul Fluid and Thermal Energy Conversion 2000 (FTEC 2000) pada tanggal 2 – 6 Juli 2000 di Hotel Hyatt Regency Bandung, Jalan Sumatera no. 51 Bandung.

Konferensi ini adalah konferensi rutin tiga tahunan yang ketiga kalinya, setelah FTEC ’94 di Kuta Bali dan FTEC ’97 di Yogyakarta.

Lingkup topik yang akan dibahas dalam seminar ini meliputi: perpindahan panas dan massa, termodinamika, mekanika fluida, sistem-sistem konversi energi termal, pembangkit daya hidro dan mesin-mesin fluida, teknologi eksploatasi sumber-sumber energi dan prosesnya, manajemen energi dan optimalisasi, refrigerasi, serta topik energi baru dan terbarukan.

Komite Ilmiah Internasional (International Scientific Committee) berasal dari negara-negara: Amerika Serikat, Norwegia, Singapura, Korea Selatan, Perancis, Taiwan, Iran, Australia, Jerman, Saudi Arabia, Belanda, Jepang, dan Indonesia.

Pada FTEC 2000 ini, kurang lebih ada sekitar 100 makalah yang berasal dari berbagai negara akan dipresentasikan.

Pada kesempatan yang sama, panitia juga menyelenggarakan 7 buah Kursus Singkat (Short Course) yaitu: Short Course on Computational Technique for Fluid Dynamics, Short Course on Compact Heat Exchangers for Energy Conservation, Short Course on Simulation and Optimization of Power-Plant and Thermal Processes, Short Course on the Application of Pinch Technology for Minimum Energy Use in Thermal and Chemical Process Plants, Short Course on the Application of Hydrocarbon Refrigerant, Short Course on the Applications of Statistical Mechanics and Thermodynamics in Fluids and Thermal Energy Conversion Systems, Short Course on CO2 Refrigeration Technology.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

FTEC 2000 Secretariat
Attn.: Prof. Dr. Ir. Aryadi Suwono
Thermodynamics Laboratory, IURC-ES, ITB
Jalan Tamansari 126, Bandung 40132
Tel/Fax: (62-22) 250 2342,
E-mail: ari@termo.pauir.itb.ac.id

 

Ucapan Terima kasih

LP-ITB mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada:

Prof. R.E. Soeriaatmadja, MSc., Ph.D.
Ketua Lembaga Penelitian ITB
periode tahun 1997 – 2000

yang telah mengakhiri masa jabatannya tanggal 31 Mei 2000,
berdasarkan Keputusan Rektor ITB
Nomor 083/SK/K01/KP/2000 tanggal 24 Mei 2000

Kebersamaan dalam suka dan duka di Lembaga Penelitian ITB bersama Pak Aat akan senantiasa mejadi kenangan manis

 

wpe16.jpg (20490 bytes)