September 2001

ISSN 0852-8667

BERITA
PENELITIAN
ITB

wpe28.jpg (2624 bytes)

Assalamu’alaikum w.w.  
Para pembaca BP-ITB yang setia, di penghujung bulan September ini BP-ITB kembali hadir dalam rangka menyampaikan sejumlah informasi.

Pada Kolom Penelitian masih diketengahkan undangan Grant penelitian dari The Sumitomo Foundation Japan, yang ditambahkan dengan tawaran serupa dari The Asahi Glass Foundation Japan, juga tawaran program Postdoctoral yang datang dari Alexander von Humboldt Foundation Germany serta undangan workshop Research Toolbox yang diprakarsai Komisi Penelitian LP-ITB.  Workshop ini bermakna penting karena akan membahas cara-cara pembuatan proposal dan laporan penelitian berstandar internasional menggunakan perangkat lunak Research Toolbox. Diharapkan para peneliti di lingkungan ITB menaruh minat dan bersedia ikut serta dalam workshop ini. Masih pada kolom yang sama diumumkan usulan-usulan penelitian yang dibiayai dari DIK, SPP/DPP tahun 2001, berita AUN/SEED-Net  serta berita tentang diselenggarakannya Diklat CISCO Networking Academy.

Info Pusat Penelitian masih menampilkan PPLH yang merupakan kelanjutan dari pemaparan pada edisi sebelumnya. Pada ujungnya BP-LP ini diakhiri dengan Kolom Publikasi Jurnal Internasional.

Selamat Membaca! Wassalamu’alaikum w.w.  

Pengasuh

 I.    Undangan Penelitian 

Ψ     Tawaran grant penelitian dari The Sumitomo Foundation     

The Sumitomo Foundation kembali menawarkan grant program “Fiscal 2001 Grant for Japan related Research Projects” kepada para peneliti di ITB untuk mengajukan usulan penelitian.

Grant ini bertujuan untuk meningkatkan saling pengertian antara negara-negara di Asia dengan Jepang. Grant ditujukan bagi peneliti-peneliti dari bidang ilmu sosial dan humanities yang berkaitan dengan Jepang.

Batas akhir pengajuan usulan adalah 22 Oktober 2001 di kantor Lembaga Penelitian ITB. Penjelasan lengkap berikut salinan form aplikasi dapat diperoleh di masing-masing Departemen atau di kantor Lembaga Penelitian ITB.

Ψ     The Asahi Glass Foundation Japan 2002

The Asahi Glass Foundation kembali menawarkan Overseas Research Grant untuk tahun anggaran 2002.

Research Grant disediakan bagi 147 proyek bernilai lebih dari 170 juta Yen untuk bidang sains & teknologi diharapkan dapat memberikan kontribusi pada sektor industri, ekonomi & sosial bagi negara pengusul riset.

Tema utama untuk usulan riset adalah Substances & Materials, Life Sciences, Information Science and Automatic Control, Environment and Energy. Dana akan diberikan berkisar antara 0,4 s.d. 1 juta Yen untuk setiap usulan yang diterima.

Riset berjangka waktu 2 tahun akan berlangsung September 2002 hingga Agustus 2004.

Untuk pengambilan formulir aplikasi bagi yang berminat, silahkan menghubungi departemen masing-masing atau LP-ITB. Usulan penelitian harus sudah diserahkan ke LP-ITB selambat-lambatnya tanggal       18 Oktober 2001 sebanyak 3 (tiga) eksemplar.

Informasi mengenai the Asahi Glass Foundation dapat dilihat di website, http://www.af-info.or.jp

Ψ     Tawaran Program Postdoctoral dari Alexander von Humboldt Foundation

Alexander von Humboldt Foundation, menawarkan program Postdoctoral kepada Staf/Peneliti ITB yang berusia di bawah 40 tahun untuk jangka waktu 6-24 bulan di Jerman.

Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat di webpage http://www.humboldt-foundation.de

Bagi staf/peneliti yang berminat dapat menghubungi LP-ITB.

 II.   Undangan Workshop 

Ψ     Workshop Research Toolbox 

Dalam rangka sosialisasi pemanfaatan perangkat lunak Research Toolbox yang dipunyai LP-ITB, Komisi Penelitian LP-ITB akan menyelenggarakan "Workshop Research Toolbox" pada tanggal 3 dan 10 Nopember 2001. dalam workshop tersebut akan dibahas cara-cara pembuatan proposal dan laporan penelitian berstandar internasional dengan menggunakan perangkat lunak Research Toolbox.

Peserta Workshop Research Toolbox diharapkan terdiri dari para dosen, peneliti, mahasiswa S-2 dan S-3 ITB yang sedang merencanakan pembuatan proposal dan laporan penelitian, tesis atau disertasi. Para koordinator komputer di tiap-tiap Departemen juga diharapkan hadir sebagai peserta karena perangkat lunak Research Toolbox tersebut akan diinstal di tiap Departemen guna keperluan pendataan kegiatan penelitian di ITB.

Bagi yang berminat dapat segera menghubungi Komisi Penelitian LP-ITB. 

III.     Pengumuman Penelitian yang dibiayai 

Ψ     Penelitian Daftar Isian Kegiatan (DIK) ITB dan SPP/DPP ITB Tahun 2001

Dari 62 (enam puluh dua) judul penelitian yang diajukan oleh para peneliti di ITB untuk Penelitian DIK dan SPP/DPP ITB Tahun 2001 serta setelah melalui proses evaluasi, penelitian yang diterima untuk dibiayai DIK-ITB sebanyak 8 (delapan) judul dan SPP/DPP-ITB sebanyak 21 (dua puluh satu) judul.

Adapun judul penelitian dan nama peneliti tersebut adalah:

Penelitian DIK-ITB tahun 2001 

1.    Dr.Ir. Lilik Eko Widodo, MS. (TA), “Karakterisasi Media Aliran Terkekarkan Tiga Dimensi - Langkah Awal Pengembangan Metoda ODA Dua Dimensi”

2.   Hendra Achiari, ST., MT. (SI), “Penerapan Jaringan Saraf Tiruan pada Analisis Data Pasang Surut”

3.   Dr.Ir. Setyamartana Parman (TA), “Perancangan dan Pembuatan Model Typical Section Sebagai Wahana Pengujian Respon Dinamik dan Ketidak Stabilan Struktur Fleksibel Akibat Pembebanan Angin”

4.   Della Y.A. Temenggung, ST. (TI), “Pengembangan Metodologi Pengukuran Performansi Unit-unit Kerja Riset dan pengajaran di Perguruan Tinggi”

5.    Ir. Surjamanto W., MT. (AR), “Kinerja Campuran Serat Ijuk dan Kelapa Sebagai Isolator Panas pada Genteng Tipis dari Beton Ringan”

6.   G. Prasetyo Adhitama, SSn. (DS) “Perancangan Kursi Ergonomis dengan Pemanfaatan Limbah Serabut dan Debu Kelapa (Coco Dust & Coco Fiber) Sebagai Bahan Pengganti Kayu Lapis”

7.   Dra. Nia Sri Ramania, MSc. (MKDU), “Manfaat Pelaksanaan Program Latihan Olahraga Kesehatan ‘Fit and Fun’ terhadap Penyembuhan Penyakit Diabetes”

8.   Rina Priyani, ST., MT. (P2Par), “Peran Objek Heritage-Tourism dalam Pembentukan Identitas Lingkungan, dengan Kasus Villa Merah”. 

Penelitian SPP/DPP ITB Tahun 2001  

1.   Dr. Taufiq Hidayat (AS), “Distribusi Vertikal Cyanoacetylene (HC3N) di Atmosfer Titan”

2.   Dr. Dhani Herdiwijaya, MSc. (AS), “Variasi dan Kompleksitas dalam Siklus Bintik Matahari”

3.   Dr. Ayda Trisnawaty Yusuf (BI), “Genotoksik Asam Metoksiasetat (MAA) pada Testis Mencit (Mus musculus) Swiss Webster”

4.   Drs. Diky Mudhakir, M.Si. (FA), “Pemanfaatan Pati Umbi Gadung (Dioscorea hispida Denst) dan Pati Umbi Kentang (Solanum tuberosum Linn) sebagai Bahan Pengikat dan Bahan Penghancur Tablet”

5.   Drs. Saleh Wikarsa, M.Si. (FA), “Pengembangan Formula, Teknologi dan Evaluasi Tablet Lepas Lambat Disopiramid dengan Sistem Retensi Gastrik Mengembang-Mengapung”

6.   Acep Purqon, S.Si. (FI), “Aplikasi Fuzzy Logic dan Jaringan Neural Artifisial untuk Memprediksi dan Mengontrol Perilaku Dinamika Chaos”

7.   Nurhasan, MSi. (FI), “Pemodelan Inversi Elektromagnetik 2-D dan Perapannya untuk Menginterpretasi Data CSAMT Gunung Merapi, Jawa Tengah”

8.    Ariyani, S.Si., M.Si. (MA), “Aplikasi Teori Kontrol Hoo pada Proses Peningkatan Perolehan Minyak dengan Metode Pencurahan Micellar/Polymer”

9.    Tedi Yudistira, S.Si. (GM), “Inversi Linier 3-D Data Gravitasi”

10.  Musa Ali Mustofa, M.Si. (GM), “Identifikasi Sifat Curah Hujan di Wilayah Jawa Barat”

11.  Drs. Zadrach L. Dupe (GM), “Model Harmonik El Nino - La Nina”

12. Dr.Ir. Bambang Priadi (GL), “Aspek Petro-Geokimia pada Genesa Batuan Ambonit dan Produk Magmatik Muda di Maluku Tengah”

13.  Dr. Agus Laesanpura (GF), “Studi Gua Bawah Tanah dengan Geolistrik dan Geomagnet: Resolusi dan Akurasi”

14.  Indah Widiastuti, ST., MT. (AR), “Kajian Tipologi Fasade Bangunan Rumah Tinggal Kolonial di Bandung. Studi Kasus: Kawasan Pemukiman Uitbreidingensplan Bandoeng Noord”

15.  Dr.Ing. Tri Yuswidjajanto Zaenuri (MS), “Pengaruh Temperatur Motor Bensin Terhadap Peta Sudut Pengapian dan Peta Injeksi Bahan Bakar pada Motor Bensin dengan Sistem Injeksi Bahan Bakar Elektronik”

16. Rianto Adhy Sasongko, ST., MSc. (PN), “Pembuatan Instrumen Waktu-Nyata untuk Pengujian Respon Dinamik Struktur Fleksibel Akibat Pembebanan Angin”

17. Titah Yudistira, ST. (TI), “Pengembangan Metodologi Fuzzy Quality Function Development dalam Perancangan Produk”

18.  Adrisman Tahar, ST. (PPE), “Evaluasi Teknis Pembuatan Biodiesel dari Minyak Jelantah”

19.  Hamzah Latief, Ph.D. (PPK), “Simulasi Numerik Tsunami Toli-toli 1996”

20.  Erwin S.Si., MSP. (PPAU-IH), “Pengaruh Aplikasi Mikroorganisme Probiotik Terhadap Akumulasi Toksik dalam Media Kultur Ikan Air Tawar”

21.  Dr.Eng. T.A. Sanny (LP), “Pembuatan Database Bidang Keahlian (Profesionalisme) Para Dosen Institut Teknologi Bandung”. 

Ψ     Penelitian Program Proyek dan Seminar dari dana AUN/SEED-Net 

Dari beberapa judul usulan yang diajukan ke AUN/SEED-Net di Thailand, Sekretariat AUN/SEED-Net telah menyetujui proyek-proyek dari ITB sebagai berikut: 

1.       8 (delapan) proyek riset

2.       1 (satu) seminar ETM 2002 di Bali pada bulan Maret 2002 

Untuk pelaksanaan proyek-proyek tersebut masih menunggu persetujuan dari JICA-HQ. 

Adapun nama peneliti untuk proyek riset adalah:

1.       Prof. M. Barmawi, Ph.D.      (FI)
2.       Prof.Dr.Ir. Andrianto Handojo   (TF)
3.       Dr.Ir. Herri Susanto  (TK)
4.       Dr.Ir. Ichsan S. Putra   (PN)
5.       Dr. T.A. Fauzi Soelaiman (MS)
6.       Muslinang Moestopo, Ph.D.  (SI)
7.       Dr.Ir. Adang Surahman   (SI)
8.       Ir. Benyamin Sapiie, Ph.D.  (GL) 

Sedangkan nama peneliti untuk seminar ETM 2002 yang dibiayai adalah:

Dr.Ir. Ichsan S. Putra                   (PN) 

Selamat bagi peneliti di atas, semoga proyeknya disetujui oleh JICA-HQ.

  

IV.  Berita Diklat Cisco Networking Academy  

Ψ     Diklat Cisco Networking Academy 

Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan bekerja-sama dengan LP-ITB sedang menyelenggarakan Diklat Cisco Networking Academy yang berlangsung tanggal 25 September s.d. 10 Oktober 2001 di Informatics Bandung Jl. Diponegoro 23 Bandung, untuk calon Instruktur dari SMK Negeri dan Swasta.

Diklat ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan calon Instruktur di bidang jaringan komputer (Computer Networking) bagi SMK Negeri dan Swasta yang telah mendaftar sebagai calon Local Academy (LA).

Melalui diklat ini, diharapkan calon LA dapat memiliki Instruktur yang bersertifikat internasional yaitu Certified Cisco Academy Instructur (CCAI) dan selanjutnya dapat membuka kelas-kelas pelatihan (training) khusus jaringan komputer dengan standar CISCO dan siswa sebagai sasaran utama.

Peserta yang telah mendaftar adalah dari SMKN 26 Jakarta, SMKN 1 Cimahi, SMKN 7 Semarang, SMK Telkom Shandy Purwokerto, SMK Texmaco dan SMKN 2 Surabaya. 

wpe30.jpg (3048 bytes)

Info Pusat Penelitian pada edisi ini kelanjutan dari Info Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) ITB pada edisi bulan Agustus lalu, unit lain di bawah LP-ITB yang belum dikenalkan akan diulas pada edisi-edisi selanjutnya.

PPLH-ITB (lanjutan) 

Konsep Pemikiran Kelembagaan PPLH ITB 

PPLH lTB merupakan sub sistem dari sistem organisasi Institut Teknologi Bandung, dan secara administratif berada di bawah Lembaga Penelitian ITB. Pemikiran yang mendasari proses kelembagaan PPLH ITB adalah adanya domain pengembangan pengetahuan yang bersifat terapan di bidang pengelolaan lingkungan hidup binaan. Hal ini membedakan dengan tugas-tugas penelitian yang diemban oleh departemen-departemen di bawah Fakultas di lingkungan ITB. Penelitian terapan di sini dalam pengertian bukan penelitian dasar serta bersifat menjembatani antara ilmu‑pengetahuan, teknologi dan seni, dengan kondisi dan situasi empiris dalam masyarakat. Oleh karena kondisi nyata senantiasa bersifat majemuk dalam hubungan antar‑unsur yang rumit, maka penelitian terapan juga menuntut pendekatan multi‑disipliner.

Organisasi PPLH‑ITB

Organisasi PPLH‑ITB terdiri dari fungsi‑fungsi pimpinan, penelitian, pelatihan, informasi dan audio‑visual, serta administrasi dan keuangan. Secara struktural organisasi PPLH‑ITB terdiri dari pimpinan, kelompok peneliti, dan unit penunjang. Pimpinan terdiri dari Kepala dan Sekretaris Eksekutif; sedang unit penunjang terdiri dari Unit Foto Udara dan Audio‑Visual, Unit Perpustakaan dan Informasi, Unit Keuangan dan Administrasi.Para peneliti mengelompokkan diri menurut kegiatan yang ada serta minat dan latar belakang disiplin yang dimiliki. Disiplin lain yang tidak dimiliki oleh PPLH‑ITB diperoleh dari departemen-departemen di ITB atau dari luar ITB, dengan tenaga peneliti dari PPLH‑ITB sebagai inti untuk menjaga kontinuitas kegiatan. Format ini dipandang dapat memberikan fleksibilitas yang besar bagi PPLH‑ITB dalam melaksanakan kegiatan baik penelitian maupun pelatihan dengan spektrum permasalahan lingkungan hidup yang luas.

Pimpinan

Dr.Ir. Asis H. Djajadiningrat     (TL)
Ir. Tjuk Kuswartojo  (AR) 

Staf Peneliti

Ir. Suparti Amir Salim, MSP (AR)
Dr. Ir. Ismet B. Harun, MSc.  (AR) 
Ir. Hesti D. Nawangsidi, MSP                                 (PL)
Ir. Roma Manurung, MES                                 (TL)

Drs. M. Taufiq Afiff, MSc                               

(BI)

Ir. Ari Saptari, MES                              

 Sosek IPB

Dra. Irma Triastuti                                

Antropologi UNPAD

Dicky Djumhana, SH                                

Hukum UNPAD

Karyawan

Elly Hermaliah                                 Perpustakaan

Dra. Yani Sumarni 

Keuangan

Dadang Supriatna 

Dokumentasi
Hadi Triyasa  Komputerisasi

Rucliwan 

Foto Udara & Audio-Visual
Suwarto, SE  Perpustakaan

Yati Maryati 

Perpustakaan

Herman Sunarya 

Keuangan

Kosasih 

Dokumentasi

Dwiyana Zuhriah 

Perpustakaan

Udju 

Pengemudi
Basiran  Pengemudi

Didi Romansyah 

Ekspedisi

Mudjijono 

Rumah Tangga

Agus Odi 

Rumah Tangga

Kegiatan PPLH‑ITB

 Secara garis besar, kegiatan PPLH‑ITB yang dilaksanakan terkait pada fungsi‑fungsi berikut:

 (1)   Penelitian 

        Perhatian utama PPLH‑ITB adalah penelitian lingkungan binaan untuk pemukiman, industri dan pertambangan. 

        Kegiatan penelitian dilaksanakan berdasarkan kerja-sama dengan lembaga Pemerintah atau swasta, penelitian yang diprakarsai Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, kerjasama dengan. lembaga luar‑negeri, serta penelitian mandiri (independent research) yang diprakarsai atau didanai oleh PPLH‑ITB sendiri. 

(2)    Pelatihan dan Pendidikan 

       PPLH‑ITB menyelenggarakan pelatihanmelalui berbagai kursus seperti AMDAL, Pengelolaan Lingkungan, Teknologi Limbah, Konsultansi Pembangunan, dan topik khusus lainnya yang ditujukan untuk meningkatkan pemahaman dan keahlian bagi berbagai pihak. Pelatihan diselenggarakan bagi Lembaga Pemerintah, Perguruan. Tinggi, swasta dan perorangan. 

       dalam bidang pendidikan, PPLH‑ITB bersama‑sama dengan Pusat Penelitian Energi dan Pusat Penelitian Teknologi – ITB telah memprakarsai dan membentuk Program Strata‑2 Studi Pembangunan (S2SP) pada Program Pasca Sarjana‑ITB sejak tahun 1993. 

(3)    Foto Udara Sederhana dan Audio‑Visual 

       Kegiatan pemotretan udara (small format aerial photography) yang menitik beratkan pada penyiapan informasi melalui teknik yang sederhana dan relatif murah ditujukan untuk menunjang kegiatan penelitian, pelatihan dan pendidikan melalui pengembangan informasi secara visual. Dukungan ini bermanfaat dan efektif bagi pemantauan lingkungan serta pengkajian cepat (rapid assessment). 

       Berkaitan dengan kegiatan pemotretan ini, dikembangkan pula dukungan dalam bentuk informasi audio‑visual, yang selain menunjang penelitian dan pelatihan juga dibutuhkan sebagai sarana komunikasi dalam penelitian tindak partisipatif. Pada waktu ini telah dilakukan sekitar 65 kegiatan pemotretan udara untuk berbagai obyek di seluruh Pulau Jawa. 

(4)    Clearing House 

       Kegiatan penghimpunan dan penyebaran informasi terdokumentasi dan tercatat dipusatkan di unit perpustakaan PPLH‑ITB. Kegiatan ini ditujukan untuk menunjang penelitian dan pelatihan, serta pertukaran informasi dengan pihak luar. Pada saat ini telah terhimpun 14.000 judul buku dan 170 judul majalah. 

(5)    Wadah Penelitian dan Kegiatan Akademis        

       PPLH‑ITB melalui kegiatan penelitiannya sekaligus juga berperan sebagai sarana untuk staf pengajar dan mahasiswa ITB melakukan aktifitas akademisnya, seperti penelitian bagi tesis, kerja praktek, dan sebagainya.

Kerjasama antar lembaga

PPLH ITB dalam melaksanakan kegiatannya melibatkan berbagai lembaga yang berminat pada masalah pembangunan dan lingkungan hidup. Membangun jaringan antara lembaga merupakan aspek penting dari kegiatan PPLH ITB sehingga telah dilakukan kerjasama dengan lembaga Pemerintah di Tingkat Pusat, Daerah, LSM, Swasta, Perguruan Tinggi, maupun lembaga luar negeri dan internasional. 

Kerjasama dengan Pemerintah Pusat : 
Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup
Kantor Menteri Negara Perumahan Rakyat
Kantor Menteri Negara Urusan Peranan Wanita
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Departemen Pekerjaan Umum, Ditjen Ciptakarya
Departemen dalam Negeri, Ditjen PUOD & Bangda
Departemen Perindustrian dan Perdagangan
Departemen Pertanian
Departemen Koperasi, Balitbang Koperasi
BAPPENAS
BAPEDAL

Kerjasama dengan Pernerintah Daerah :
Propinsi Jawa Barat
DKI
Propinsi Riau
Kabupaten Bogor
Kabupaten Kampar
Kotamadya Bandung
Kotamadya Surabaya

Kerjasama dengan Lembaga‑Lembaga Luar Negeri :
CIDA, Kanada
USAID, Amerika Serikat
GTZ, Jerman

 1.     Soenarko, B., Seybert, A.F., Visualization of Wave Propagation in Muffler, ©2000 The Visualization Society of Japan and Ohmsha, Ltd. – Journal of Visualization, Vol.3, No.3 (2000) 229-235.