Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Program Riset ITB

Program Riset ITB

1.  Program Riset KK

Program Riset KK adalah riset yang dilakukan oleh staf dosen dalam satu KK atau gabungan beberapa KK di Fakultas/Sekolah sesuai dengan peta jalan KK terkait. Program ini dimaksudkan untuk memacu pertumbuhan riset yang berkualitas di masing-masing KK. Riset ini juga diharapkan dapat disinergikan dengan tugas akhir mahasiswa program pasca sarjana magister dan riset disertasi program doktor di masing-masing KK dalam rangka membangun ITB sebagai universitas berbasis riset. Namun demikian, topik riset tetap harus dalam kerangka pencapaian peta jalan KK terkait. Riset yang dilakukan secara kerjasama interdisiplin (antar KK dalam satu Fakultas/Sekolah maupun lintas Fakultas/Sekolah) lebih diharapkan. Program Riset KK merupakan program yang ditujukan bagi Kelompok Keahlian (KK) di ITB dalam rangka mendukung dan mengembangkan kegiatan penelitian di KK. Riset ini dibedakan atas 2 kategori yaitu :

 

  1. Kategori A (Riset KK A): 150 juta/judul. Target luaran dari Riset ini adalah 1 (satu) Laporan dan minimal 2 (dua) luaran berupa Jurnal Internasional terindeks atau yang setara.

  2. Kategori B (Riset KK B): 100 juta/judul. Target luaran dari Riset ini 1 (satu) Laporan dan minimal 1 (satu) luaran berupa Jurnal Internasional terindeks atau yang setara. Dosen dengan kualifikasi Guru Besar tidak diperkenankan untuk terlibat dalam penelitian ini, baik sebagai ketua, maupun sebagai anggota tim peneliti.

2.  Program Riset Peningkatan Kapasitas (RPK)

Program Riset Peningkatan Kapasitas ITB merupakan program riset yang diharapkan dapat meningkatkan jumlah dosen ITB yang terlibat aktif dalam kegiatan penelitian. Sasaran dari Program Riset Peningkatan Kapasitas adalah staf dosen ITB yang memiliki potensi, namun belum/tidak terlibat secara aktif dalam kegiatan penelitian dalam 3 tahun terakhir, serta dosen muda yang baru kembali bertugas di ITB. Dana yang disediakan untuk tiap penelitian adalah Rp. 50 juta/judul.

 

Proposal Program Riset Peningkatan Kapasitas dapat diajukan oleh dosen atau tim dosen dengan persetujuan Ketua KK dan Dekan Fakultas/Sekolah tempat Ketua Tim Peneliti bernaung. Penelitian ini diharapkan mampu menghasilkan keluaran (output) yang mendukung tercapainya target mutu kegiatan penelitian di ITB diantaranya adalah meningkatkan publikasi penelitian 1 (satu) Laporan dan minimal 2 (dua) luaran berupa Jurnal Nasional atau yang setara, terutama jurnal-jurnal yang berada di lingkungan ITB.

 

3.  Program Riset Multidisiplin

Mulai tahun 2017 ini, ITB menginisiasi program baru yaitu skema Program Riset Multidisiplin. Riset multidisiplin ini ditujukan untuk mendorong kolaborasi antara peneliti di ITB dengan bidang kepakaran yang berbeda namun memiliki kesamaan baik dalam peta jalan (roadmap) penelitian maupun produk yang akan dihasilkan. Selain itu, Riset Multidisplin juga ditujukan untuk menghasilkan produk-produk penelitian unggulan sesuai amanat SK Senat Akademik Nomor:  20/SK/K01-SA/2010 tentang Fokus Riset Institut Teknologi Bandung. Alokasi dana untuk Riset Multidisipilin ini adalah Rp.250 juta/judul. Luaran yang harus dihasilkan dari skema Program Riset Multidisiplin ini adalah produk dengan TKT (Tingkat Kesiapan Teknologi) minimal 4 dan maksimal 6. Rincian TKT (Tingkat Kesiapan Teknologi) dapat dilihat pada halaman 8.

 

Pengusul proposal Program Riset Multidisiplin harus memilih salah satu topik penelitian dari 7 bidang Fokus Riset ITB sesuai SK SA No. 20/SK/K01-SA/2010 di bawah ini :

 

Bidang Fokus Riset Unggulan Topik Penelitian
Infrastruktur, Mitigasi Bencana, dan Kewilayahan Utilitas dan Lingkungan
Pengembangan Wilayah
Pengembangan Infrastuktur
Mitigasi Bencana Gempa
Mitigasi Bencana Gunung Api
Mitigasi Bencana Lingkungan
Energi Energi Geotermal
Energi Nuklir
Minyak dan Gas Bumi
Mineral dan Batubara
Teknologi Informasi dan Komunikasi Telematika
Internet of Things (IoT)
Pangan, Kesehatan dan Obat-obatan Pengembangan Pangan
Teknologi Kesehatan
Pengembangan Obat-Obatan
Biosains untuk Pangan, Obat dan Kesehatan
Produk Budaya dan Lingkungan Pengembangan Budaya
Pengembangan Seni
Pengembangan Industri Kreatif
Pengembangan Kewirausahaan
Pengembangan Manusia
Teknologi Nano dan Kuantum Nanosains
Nanoteknologi
Bioteknologi Bioteknologi

 

Download : Panduan Riset ITB 2018

EnglishIndonesia