Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Pusat Penelitian Mitigasi Bencana

Pusat Penelitian Mitigasi Bencana

Kepala PP : Prof. Dr. Ir. Masyhur Irsyam, MSE

 

Alamat :

Gedung PAU ITB Jl. Ganesha 10 Bandung 40132
Website : http://ppmb.itb.ac.id/

 

Visi

Menjadi pusat penelitian yang menghasilkan penemuan dan inovasi dalam mitigasi bencana yang unggul dan terpandang di tingkat nasional, diakui secara internasional serta berkontribusi signifikan dalam rangka terciptanya kondisi masyarakat Indonesia yang lebih aman dari ancaman bencana.

 

Misi

  1. Meningkatkan dan mengkoordinasikan kegiatan penelitian di bidang kebencanaan di Institut Teknologi Bandung untuk menanggapi ancaman bencana dan mengurangi risikonya.

  2. Melakukan sosialisasi aktif guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan potensi bencana baik bencana alam maupun bencana akibat ulah manusia dan meningkatkan kapasitas mereka dalam menghadapinya.

  3. Memberikan masukan, bagi kebijakan penanggulangan bencana dalam rangka pembangunan yang berkesinambungan, didasarkan pada hasil penelitian murni dan terapan.

  4. Mengembangkan bidang keahlian mitigasi bencana melalui program pendidikan pasca‐sarjana berbasis penelitian.

 

Tujuan Strategis

  1. Membangun Pusat Mitigasi Bencana yang kuat dan kredibel sehingga menjadi perintis di tingkat nasional dan regional dalam melakukan upaya mitigasi bencana

  2. Membangun dan memfasilitasi pertukaran informasi dan pengalaman diantara organisasi perintis dalam mitigasi bencana baik didalam ITB maupun di tingkat nasional dan regional.

  3. Memberikan advocacy dalam hal kebijakan yang strategis dan mendukung, mekanisme hukum, investasi dan sistem insentifdisinsentif yang dapat membuat masyarakatmenjadi aman terhadap bencana

  4. Peka terhadap tuntutan masyarakat, mendidik dan memfasilitasi semua institusi dan masyarakat di Indonesia dan di kawasan regional dalam melakukan pendekatanmenyeluruh untuk memitigasi risiko bencana, hal ini dilakukan dengan cara menyebarluaskan informasi dan mentransfer pengetahuan dan ketrampilan teknis.

EnglishIndonesia