Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Single Blog Title

This is a single blog caption
28 Aug 2015

Web of Science Telah Dapat Diakses Kembali di Lingkungan ITB

/
Posted By
/
Categories

Web of Science (http://webofscience.com), yang merupakan produk dari Thomson Reuters, adalah basis data terbesar yang berisi abstrak dan basis data sitasi dari peer-review literature yang ada di seluruh dunia. Web of Science dirancang untuk mencari informasi yang dibutuhkan oleh para ilmuwan dan memberikan dukungan secara cepat, mudah, up to date dan komprehensif, serta unggul untuk penelitian literatur.

 

Web of Science (dulu menggunakan nama ISI Web of Knowledge) pernah dimanfaatkan pada tahun 2007-2009 oleh Institut Teknologi Bandung sebagai tools bagi mahasiswa dan dosen dalam pencarian informasi dan referensi untuk kegiatan penelitian terbaru di dunia. Pada saat itu ITB mendapatkan bantuan dana dari Kedutaan Besar Amerika untuk berlangganan Web of Science.

 

Pemanfaatan Web of Science secara rutin pada saat itu yaitu untuk mengetahui Index Sitasi dari seluruh dosen di ITB. Selain untuk pencarian sitasi per dosen, perkembangan sitasi ITB di Web of Science pun dipantau dengan melakukan pencarian institusi ITB. Dengan adanya fasilitas ini, dosen ITB dapat mengetahui jurnal-jurnal mana saja yang diindeks oleh Web of Science sehingga dengan penerbitan artikel di jurnal-jurnal international yang diindeks oleh Web of Science, selain dapat meningkatkan indeks sitasi ITB secara internasional, hal ini dapat meningkatkan nilai ITB untuk peringkat universitas-universitas di dunia.

 

Per hari ini tanggal 28 Agustus 2015, Web of Science dapat kembali diakses di lingkungan kampus Institut Teknologi Bandung. Mohon para civitas akademika ITB dapat memanfaatkan fasilitas database Web of Science (dan juga Scopus sebelumnya sudah juga dilanggan pula oleh ITB) dengan semaksimal mungkin baik untuk kepentingan penelitian maupun kepentingan manajemen ITB.

EnglishIndonesia