Single Blog Title

This is a single blog caption
17 Dec 2019

LPPM ITB – Pameran Poster dan Produk 2019

/
Posted By
/
Categories

Dalam rangka monitoring dan evaluasi hasil Program Riset ITB Tahun 2019, Program Pengabdian kepada Masyarakat ITB 2019 dan Program P3MI ITB 2019, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITB telah menyelenggarakan kegiatan Pameran Poster dan Produk Program Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Inovasi (Riset ITB, PM ITB, dan P3MI ITB) yang berlangsung di Gedung CRCS Lt.1 dan Lt. 3, Jl. Ganesha 10 Bandung, Kamis (12/12/2019)

Kegiatan ini dibuka dengan penyampaian laporan oleh Ketua LPPM ITB, Prof. Dr. Eng. Khairurrijal, MS., dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pada 2019 ini ITB telah mendanai 90 program riset ITB, 61 judul kegiatan program pengabdian kepada masyarakat ITB, serta 654 kegiatan P3MI. ITB juga mendanai penelitian yang masuk dalam fokus riset ITB melalui program riset unggulan yang diamanatkan kepada 7 Pusat Penelitian ITB.

 

Pada kesempatan kali ini Prof. Kadarsah Suryadi dalam sambutannya menyampaikan program-program bidang penelitian, pengabdian masyarakat, dan inovasi sangat erat kaitannya dengan arah ITB yang sudah dideklarasikan sejak Januari 2015 menuju Entrepreneurial University dengan tiga indikator kunci yaitu Excellence in Teaching and Learning, Excellence in Research, dan Excellence in Innovation and Entrepreneurship.

Kegiatan ini juga mengundang Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Prof. Bambang P. Brodjonegoro. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini inovasi menjadi titik berat dari arahan Presiden. Harapannya, penelitian-penelitian yang dilakukan oleh sivitas akademika dan lembaga penelitian lainnya dapat melahirkan inovasi yang berujung pada produk-produk yang nantinya bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Dalam acara ini juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada Dosen Berprestasi di Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat  dan Inovasi yang diserahkan oleh Menristek dengan didampingi oleh Rektor ITB serta peresmian Prototype NIVA oleh Menristek yang didampingi oleh Rektor ITB dan Direksi SCNP. Prototype NIVA adalah alat yang berfungsi sebagai pendeteksi dini penyakit kardiovaskular.

 

Pada kegiatan pameran Poster dan Produk kali ini, ITB menampilkan hasil-hasil kegiatan yang didanai melalui program Riset ITB, Program Pengabdian kepada Masyarakat, serta program P3MI ITB pada tahun 2019 dari fakultas/sekolah ITB dan Pusat Penelitian ITB. Selain itu, ITB menampilkan hasil kegiatan inovasi ITB yang didukung oleh kemenristek/BRIN, diantaranya adalah hasil kegiatan (1) Pengembangan Radar Cuaca Nasional, yang menghasilkan produk Radar tipe Pulse dan tipe FMCW; (2) Perangkat Base Station dan Smartphone 4G, yang menghasilkan BTS Small Cell 4G, Smartphone 4G, dan Smart Dashboard untuk kendaraan listrik; (3) Pengembangan dan Produk Katalis Merah Putih, yang menghasilkan katalis untuk produksi bahan bakar BBM; dan (4) Pengembangan Sistem SmartEdu untuk kegiatan Belajar Mengajar, yang menghasilkan sistem smartedu yang berupa dedicator device, yang terdiri dari gawai berupa ponsel yang dikustomisasi dan didalamnya telah terinstall aplikasi ujian/test online, docking charging station, dan wifi access point box.

 

Dipenghujung acara, LPPM ITB mengumumkan pemenang kategori Stand Terbaik dan Stand Terfavorit pada kegiatan Pameran Poster Dan Produk Program Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Inovasi berdasarkan pilihan Para Dosen ITB serta tamu undangan yang hadir. Berikut ini adalah 3 stand terbaik dan stand terfavorit berdasarkan pilihan pengunjung, yaitu :

1. Stand Terbaik Pertama : FSRD

2. Stand Terbaik Kedua : SAPPK

3. Stand Terbaik Ketiga : FTI

4. Stand Terfavorit : FMIPA

 

 

 

EnglishIndonesia