Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Pusat

PUSAT ITB

1. Pusat Artificial Intelligence

Kepala Pusat: Dr. Eng. Ayu Purwarianti, ST., MT.

Email: –

Website: –

 

Pendirian Pusat Artificial Intelligence (Intelegensia Buatan) didirikan berdasarkan Surat Keputusan Rektor No.: 271/SK/I1.A/KP/2019 tanggal 16 Agustus 2019. Pusat Artificial Intelligence (Intelegensia Buatan) berada di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

 

Visi Pusat Artificial Intelligence (Intelegensia Buatan) adalah menjadi pusat pengembangan bidang Artificial Intelligence yang terkemuka di level nasional dan internasional serta mampu menghasilkan produk penelitian dan inovasi yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat, dengan menjalankan misi sebagai berikut:

  1. menghasilkan berbagai produk penelitian dan inovasi di bidang Artificial Intelligence yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat;
  2. Meningkatkan kualitas penelitian Artificial Intelligence di ITB termasuk yang bersifat multi disiplin sebagai hasil kolaborasi antar KK;
  3. meningkatkan kerja sama penelitian Artificial Intelligence antara ITB dengan Industri, pemerintah serta lembaga penelitian lainnya baik di dalam negeri maupun di luar negeri;
  4. Mendorong kemajuan pendidikan Artificial Intelligence ;
  5. Mendorong pemahaman penerapan Artificial Intelligence di masyarakat;

2. Pusat Infrastruktur Data Spasial

Kepala Pusat : Dr. Akhmad Riqqi, M.Si.
Alamat : Gedung eks PPFK (Fotogrametri) Lantai II
Kampus ITB, Jl. Ganesha No. 10, Bandung 40132
Email : riqqi@gd.itb.ac.id
Website : http://pids.itb.ac.id

 

PIDS ITB membantu Bakosurtanal dalam pengembangan infrastruktur data spasial nasional (NSDI) dan lembaga lainnya untuk mengembangkan infrastruktur data spasial. PIDS ITB dan Bakosurtanal juga mengembangkan standar nasional sistem pendidikan SDI dengan memproduksi kurikulum dan beberapa modul pembelajaran. Dengan mengembangkan sistem pendidikan SDI standar, diharapkan perkembangan teknologi data spasial di Indonesia semakin maju, mengingat pentingnya data spasial sebagai informasi dasar untuk pembangunan nasional dan masalah lingkungan. Topik penelitian dalam PIDS ITB dikaitkan dengan data spasial, geodatabase, metadata, kualitas data spasial, dan banyak lagi.

3. Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas

Kepala Pusat: Prof.Dr.Ir. Suhono Harso Supangkat, M.Eng.

Email: –

Website: –

 

Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas didirikan berdasarkan Surat Keputusan Reknot No.: 266/SK/I1.A/KP/2019, tanggal 14 Agustus 2019. Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas berada di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan melalui Lembaga Penelitian dan Pengababdian kepada Masyarakat.

 

Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas memiliki visi menjadi Pusat Inovasi Solusi Cerdas (Smar Solution) yang unggul dan diakui dunia, yang dapat memandu perubahan kota dan komunitas sehingga mampu menciptakan kesejahteraan masyarakat Indonesia pada khususnya dan dunia pada umumnya dengan menjalankan misi sebagai berikut:

  1. Memahami persoalan dan tantangan kota/komunitas;
  2. Menciptakan sulusi cerdas untuk menjawab persoalan dan tantangan kota/komunitas;
  3. Memandu dan menerapkan sulsi cerdas untuk peningkatan kualitas kehdupan.

4. Pusat Kajian Halal

Kepala Pusat : Prof. Ir. Yazid Bindar, M.Sc., Ph.D.

Alamat : Gedung Lab. Doping Lt. 3, Jln.Ganesa No.10 Bandung
Email : –

 

Pusat Studi Halal ialah suatu pusat penelitian yang berfokus pada penelitian produk halal. Pusat Studi Halal berfungsi untuk mendukung Majelis Ulama Indonesia melalui laboratoriumnya untuk menguji aspek halal dari produk dan layanan dengan bantuan para ahli tentang praktik produk halal. Para ahli yang terlibat dalam penelitian halal merupakan para ahli di bidang pariwisata, mikrobiologi, nanoteknologi dan farmasi. Pusat Studi Halal terutama menguji produk makanan, dan juga produk farmasi serta kosmetik. Selain seminar, kegiatan Pusat Studi Halal meliputi kontribusi untuk acara internasional dan nasional serta koordinasi dengan kegiatan penelitian yang dilakukan di fakultas dan sekolah lain di ITB.

5. Pusat Kebijakan Keenergian

Kepala Pusat : Dr. Ir. Retno Gumilang Dewi, M.Env.Eng.Sc.

Alamat  : Jl. Ganesha 10 Bandung 40132, Indonesia
Phone : +62-22-251128
Fax : +62-22-2504558
Email : ppeitb@bdg.centrin.net.id
Website : http://crep.itb.ac.id

 

Pusat Kebijakan Keenergian adalah pusat riset di ITB yang berfokus pada kebijakan Energi. Riset utama Pusat Kebijakan Keenergian ITB mencakup analisis perkembangan kebijakan energi, lingkungan, dan perkembangan berkelanjutan. Kegiatan utama dari Pusat Kebijakan Keenergian mencakup penilaian teknologi, diseminasi teknologi energi terbarukan, analisis kebijakan energi lingkungan, penelitian dan pengembangan basis informasi untuk proses pertukaran yang mencakup publikasi, pelatihan, dan konferensi. Pusat Kebijakan Keenergian ITB memiliki misi menyelenggarakan penelitian kebijakan keenergian dan menyediakan petunjuk bagi pihak berwajib maupun masyarakat yang berhubungan dengan energi dan isu lingkungan dengan memperhatikan perkembangan energi dari berbagai sudut pandang ilmu pengetahuan.

6. Pusat Kebijakan Publik dan Kepemerintahan

Kepala Pusat : Ir. Sonny Yuliar, Ph.D.

Alamat : Gedung Labtek IXA, Lt. 4
Jl. Ganesha 10, Bandung 40132, Indonesia
Phone : +62 22 2504735
Fax : +62 22 2501263
Email : p2g@pl.itb.ac.id

 

Pusat Kebijakan Publik dan Kepemerintahan merupakan pusat riset yang berfokus pada perkembangan aplikasi dari ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni untuk bangsa dan negara. Beberapa pencapaian dari Pusat Kebijakan Publik dan Kepemerintahan adalah merevisi naskah akademik untuk beberapa peraturan dan hukum lokal, mengatur pelatihan untuk pembuat undang-undang (DPR dan DPRD), dan menjabat baik di pusat maupun pemerintahan lokal, membangun hubungan dengan beberapa kemitraan demi meningkatkan kualitas pemerintahan baik di Indonesia maupun di luar negeri.

7. Pusat Mikroelektronika

Kepala Pusat : Ir. Adi Idrayanto, M.Sc., Ph.D.

Alamat : Gd. Litbang Integrasi dan Aplikasi (PAU) Lantai 4
Jl. Tamansari No. 126, Bandung 40132, Indonesia
Phone : +62-22-2506280
Fax : +62-22-2508763
Email : info@pme.itb.ac.id
Website : www.pme.itb.ac.id

 

Pusat Mikroelektronik merupakan salah satu pusat riset mikroelektronik yang paling aktif di Indonesia. Pusat Mikroelektronik telah menarik perhatian pemerintah dan sektor industri / swasta untuk pendanaan dalam R & D mikroelektronik khususnya di bidang pengembangan produk dan pemetaan jalan. Pusat Mikroelektronika beranggotakan dosen yang bertanggungjawab khusus pada pengelolaan teknologi termasuk teknologi pemetaan jalan, kelompok peneliti tetap yang bertanggungjawab dalam pengembangan teknologi, solusi, dan produk, serta mahasiswa pascasarjana sebagai peneliti akademik dengan tugas utama untuk menemukan teknologi baru. Segala kegiatan didasarkan oleh teknologi dan domain produk, dan yang disampaikan mencakup produk, solusi, makalah, dan hak paten.

8. Pusat Pemberdayaan Perdesaan

Kepala Pusat : Endra Susila, ST., MT., Ph.D.

Alamat : Labtek 1 Lantai 1 (Gedung Mekanika Tanah)
Jl. Ganesha 10 Bandung, Indonesia, 40135

Contact Person: Maryam Al Lubbu
Phone: +6285624661171

Email : endrasusila@gmail.com ; maryamallubbu@gmail.com

Website: https://p2d.itb.ac.id/

 

Pusat Pemberdayaan Perdesaan ITB (P2D ITB) merupakan salah satu Pusat yang berada di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM ITB) yang mengkhususkan kegiatan pada pengkajian/studi tentang pembangunan dan pemberdayaan perdesaan baik dari segi kehidupan bermasyarakat, infrastruktur, sosial, budaya, dan ekonomi. Sampai saat ini kegiatan pemberdayaan perdesaan telah banyak dilakukan, diantaranya mata kuliah Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) yang rutin dilakukan setiap tahunnya semenjak tahun 2012. Disamping itu, kegiatan pemberdayaan desa telah banyak dilakukan dengan terciptanya desa binaan di bawah naungan ITB, baik oleh para mahasiswa, dosen, maupun staf pegawai lainnya.

9. Pusat Pemodelan Matematika dan Simulasi

Kepala Pusat : Dr. Nuning Nuraini, S.Si., M.Si.

Alamat : Gedung Labtek III Lt. 1, ITB
Jl. Ganesha No. 10 Bandung 40132, Indonesia
Tlp/Fax : +62-22-2508126
Email : adminp4m@bdg.centrin.net.id
Website : http://ppms.itb.ac.id

 

Pusat Pemodelan Matematika dan Simulasi (P2MS) dibuat untuk mempromosikan peran matematika dalam dunia pemodelan dan simulasi pada tahun 1994. Beberapa tahun belakangan, P2MS secara konsisten mengarah pada pusat multi disiplin ilmu matematika. Tujuannya adalah untuk menghubungkan keterkaitan antara ilmuwan, insinyur, dan praktisi di dunia industri yang dibutuhkan di mana P2MS saat ini, secara aktif membangun kelompok yang tergabung oleh ilmuwan lokal dan internasional. Sebuah terobosan besar telah ditunjukkan dari keberhasilan P2MS dalam mengoordinasikan Konsorsium Penelitian: OPPINET (Optimalisasi Gas dan Jaringan Pipa Minyak) yang disponsori oleh Perusahaan Minyak dan Gas Bumi Indonesia sejak tahun 2001. Kolaborasi dengan sejumlah lembaga, nasional dan internasional, telah dibangun dan terus dikembangkan.

10. Pusat Pendayagunaan Open Source Software

Kepala Pusat : Ir. Eko Mursito Budi, MT
Alamat : Gedung Labtek VI Lantai 1 Jl Ganesha No 10 Bandung
Telp./Fax.: 022-2514452/022-2534285
Email : layanan@poss.itb.ac.id
Website : http://poss.itb.ac.id/

 

Pusat Pendayagunaan Open Source Software (POSS Network) adalah jaringan universitas di Indonesia, yang bertujuan untuk mempercepat pemanfaatan Open Source Software (OSS) di masyarakat melalui berbagai kegiatan, antara lain: Koreksi OSS, Pelatihan OSS, dan Mendukung penggunaan OSS. Pusat ini memiliki visi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui penggunaan komputer (terutama perangkat lunak komputer). Misi dari pusat ini adalah membantu orang untuk lebih memanfaatkan perangkat komputer menggunakan OSS sebaik dan semudah mungkin, melalui: (1) Penggunaan OSS yang efisien sesuai dengan kebutuhan, (2) Sosialisasi OSS, dan (3) Pemberdayaan komunitas melalui peningkatan apresiasi, peningkatan pengetahuan dan keterampilan.

12. Pusat Pengembangan Teknologi Transportasi Berkelanjutan

Kepala Pusat : Dr. Sigit Puji Santosa, MSME

Alamat : Gedung CRCS, Lantai 2, Jln.Ganesa No.10 Bandung
Email : sigitps@gmail.com / ccr.ncstt@gmail.com

Website : http://ncstt.itb.ac.id/

 

PPTTB adalah pusat riset multidisiplin di ITB yang berfokus melaksanakan riset di bidang sistem transportasi yang meliputi teknologi elektrifikasi kendaraan, perkeretaapian, inovasi produk dirgantara, dan pengembangan kebijakannya. Berdiri pada awal tahun 2015, PPTTB terus berkembang dengan dukungan hibah riset nasional, maupun internasional hingga ditetapkan menjadi Pusat Unggulan IPTEK oleh Kemenristekdikti pada tahun 2016. PPTTB telah membangun jejaring riset yang kuat dengan institusi nasional, internasional, maupun industri terkait.

13. Pusat Pengembangan Wilayah Pesisir dan Laut

Kepala Pusat : Mohammad Farid, ST., MT., Ph.D.

Alamat : Gedung Labtek VI Lantai 4, ITB
Jl. Ganesha No. 10 Bandung 2512430, Indonesia

Tlp : 022-2512430
Email : ppk@ppk.itb.ac.id; mfarid@ftsl.itb.ac.id
Website : www.ppk.itb.ac.id

 

Pusat Pengembangan Wilayah Pesisir dan Laut ITB didirikan pada tahun 2005. Pusat Pengembangan Wilayah Pesisir dan Laut ITB bertanggung jawab untuk melakukan penelitian di bidang pesisir dan laut dengan tujuannya untuk berkontribusi dalam memanfaatkan sumber daya pesisir dan laut dan memecahkan masalah yang terkait dengan masalah pesisir dan kelautan. Organisasi ini memiliki spesialisasi dalam pemodelan pantai dan laut dan telah menunjukkan kemampuannya dalam pemodelan untuk membantu Departemen Teknis, Pemerintah Daerah dan Perusahaan Swasta dalam menyelesaikan masalah dalam pengembangan pesisir, perikanan dan degradasi lingkungan.

14. Pusat Penginderaan Jauh

Kepala Pusat : Prof. Ir. Ketut Wikantika, M.Eng., Ph.D.

Alamat : Gedung Labtek IX-C Lantai 3
Jl. Ganesha 10 Bandung 40132, Indonesia
Phone/Fax: +62-22-2501116
Email : office@crs.itb.ac.id
Website : http://crs.itb.ac.id

 

Pusat Penginderaan Jauh adalah pusat inovasi dan pengembangan teknologi penginderaan jauh dan aplikasi untuk berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan. Misi pusat ini adalah untuk mengembangkan sistem dan teknologi penginderaan jauh yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan Indonesia, untuk membangun jaringan dan kemitraan dengan lembaga-lembaga yang ada di Indonesia dan luar negeri dalam mengembangkan sistem dan teknologi penginderaan jauh, dan untuk berkontribusi dalam industri geomatika dengan mengembangkan remote sistem dan teknologi penginderaan.

15. Pusat Pengkajian Logistik dan Sistem Rantai Pasok

Kepala Pusat : Prof. Dr. Ir. Senator Nur Bahagia

Alamat : Gedung Labtek III Lantai 2 ITB
Jl. Ganesha 10 Bandung 40132, Indonesia
Tlp/Fax : +62 22 2510680
Email : logistics_studies_itb@yahoo.com
Website : www.logistics-center.itb.ac.id

 

Pusat Pengkajian Logistik dan Sistem Rantai Pasok (PPLSRP) adalah bagian dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Institut Teknologi Bandung (ITB) yang bergerak di bidang multi-disiplin ilmu. Cakupan studi PPLSRP tergolong luas, sehingga dilakukan oleh banyak personel yang tersebar dari kelompok-kelompok keahlian (expertise group atau bisa disebut EG) di ITB. Terdapat lebih dari tiga puluh peneliti, asisten peneliti, dan mahasiswa berafiliasi melalui partisipasi dalam penelitian, layanan masyarakat, pendidikan, dan program kerja sama yang aktif melakukan pertukaran informasi, ide, dan inspirasi.

16. Pusat Perencanaan dan Pengembangan Kepariwisataan

Kepala Pusat : Dr. Ir. Heru Purboyo Hidayat Putro, DEA

Alamat : Gd. Litbang Integrasi dan Aplikasi (PAU) Lantai 3
Jl. Tamansari No. 126, Bandung 40132, Indonesia
Tlp/Fax : 022-2506285 / 022-2534272
Email : p2par@p2par.itb.ac.id; p2par@elga.net.id;
Website : www.p2par.itb.ac.id

 

Pusat Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata (P-P2Par) ITB adalah pelopor pusat penelitian pariwisata di Indonesia. P-P2Par ITB memfokuskan diri dalam melakukan penelitian untuk mendukung pengembangan dan pelatihan pariwisata nasional dan regional untuk mendukung kapasitas sumber daya manusia pariwisata di antara salah satu dari sejumlah kecil pusat penelitian pariwisata di Indonesia. Sebagai pusat penelitian yang mendiami ranah studi tinggi, P-P2Par ITB mempertahankan tugas untuk secara aktif terlibat dalam membangun kecerdasan masyarakat terhadap pariwisata Indonesia dan meningkatkan pengetahuan pariwisata dengan terus berkomitmen dalam menciptakan kontribusi nyata bagi pengembangan pariwisata di Indonesia.

17. Pusat Pertahanan dan Keamanan

Kepala Pusat : Djarot Widagdo, Ph.D.

Alamat : Gedung Riset dan Inovasi Lantai 1, ITB Jl. Ganesa 10 Bandung
Tlp : 022-2501759
Website : http://pustekhan.itb.ac.id/

Email : admin@pustekhan.itb.ac.id

 

Pusat Teknologi Pertahanan dan Keamanan ITB adalah suatu wadah koordinasi litbang untuk mengembangkan produk maupun sumber daya manusia yang akan dilakukan melalui program-program yang terpadu. Diperlukkan adanya kemandirian dalam teknologi pertahanan dan keamanan yang merupakan bagian integral dari ketahanan nasional. Dengan kondisi belanja alutsista nasional yang sampai saat ini masih dipenuhi dengan produk impor, ketahanan nasional Indonesia menjadi melemah. Kegiatan litbang adalah cara untuk memacu peningkatan kemampuan teknologi pertahanan dan keamanan dalam negeri hingga dapat mencapai kemandirian. Dengan memperhatikan kebutuhan maupun perkembangan teknolog, cyber security juga dapat dikembangkan. Pustekhan bertujuan untuk meningkatkan riset yang dilakukan oleh berbagai institusi termasuk di perguruan tinggi seperti ITB yang terintegrasi secara nasional agar dapat membuat suatu kemajuan.

18. Pusat Perubahan Iklim

Kepala Pusat : Ir. Djoko Santoso Abi Suroso, Ph.D.

Alamat : Gedung PAU – ITB Lt. 3, Jl. Ganesa No. 10 Bandung 40132

Telp : 022-2517943

Email : dsuroso@pl.itb.ac.id ; suroso.djoko@gmail.com; ms_fitri2002@yahoo.com

Website : http://ccc.itb.ac.id/

 

Pusat Perubahan Iklim ITB adalah suatu wadah fungsional sebagai organisasi program yang melaksanakan dan mengelola penelitian yang berorientasi pada studi perubahan iklim (climate change). Pusat Perubahan Iklim aktif mengadakan workshop untuk menggaugkan pentingnya knowledge management atau pengelolaan pengetahuan sebagai salah satu bentuk berbagi ilmu dalam menghadapi perubahan iklim. Seiring dengan berkembangnya teknologi, kondisi lingkungan di muka bumi mengalami perubahan secara struktural yang jika ditelusuri akan berakibat pada perubahan kondisi iklim dari keadaan sebelumnya. Melalui Pusat Perubahan Iklim, diharapkan para ilmuwan yang meneliti perubahan iklim dari berbagai sektor bisa bersatu hingga dapat menyentuh pemerintah dan masyarakat.

19. Pusat Rekayasa Industri

Kepala Pusat : Ir. Cahyono, Ph.D.

Alamat : Gedung Riset dan Inovasi Lantai 3, Jl. Ganesa 10 Bandung 40132
Tlp/Fax : 022-2512971-72
Email : pri@pri.itb.ac.id; mcahyono@ftsl.itb.ac.id ; cahyono@itb.ac.id
Website : www.pri.itb.ac.id

 

Pusat Rekayasa Industri berasal dali Pusat Antar Universitas Teknologi dan Sains ITB, yang didirikan pada tahun 1985 dan diorganisir dibawah manajemen DIKTI – DEPDIKBUD. Namun, sejak 1997, PAU-IR ITB manajemen diberikan kepada ITB dan lalu diganti namanya dari PAU-IR-ITB menjadi Pusat Penelitian Antar Universitas Teknologi dan Sains ITB (PPAU-IR-ITB), yang secara struktural berlokasi di bawah koordinasi Lembaga Penelitian (LP) ITB. Pada tahun 2003, PPAU-IR ITB sekali lagi mengalami perubahan struktur organisasi, statusnya berubah menjadi Kelompok Riset di bawah tiga pusat riset, yaitu Pusat Riset untuk Sumber Daya Alam dan Konservasi Lingkungan, Pusat Riset untuk Teknologi Komunikasi dan Informasi. Nama PPAU sendiri berganti menjadi Kelompok Riset Teknik dan Sains Geoteknik (KPP-IR&G ITB) dan diharapkan dapat menjalankan riset yang terintegrasi dan dapat diterapkan. Pada tahun 2004, semua Pusat dan Kelompok Riset ITB dibekukan termasuk KPP-IR & G-ITB. Pada tahun 2005, yang sebelumnya adalah KPP-IR & G ITB mengusulkan pembentukan Pusat yang baru dengan nama Pusat Rekayasa Industri Institut Teknologi Bandung (PRI).

20. Pusat Rekayasa Katalisis

Kelapa Pusat: Prof.Dr.Ir. Subagjo

Email: –

Website: –

 

Pusat Rekayasa Katalisis didirikan berdasarkan Surat Keputusan No.: 265/SK/I1.A/KP/2019, tanggal 14 Agustus 2019. Pusat Rekayasa Katalisis berada di bawah koordinasi Wakil Rekor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

 

Visi Pusat Rekayasa Katalisis adalam menjadi pusat inovasi katalisis nasional dan memandu perkembangan industri katalisis nasional menuju kemandirian bangsa, dengan menjalankan misi sebagai berikut:

  1. Menjalankan riset untuk pengembangan keilmuan di bidang teknik reaksi kimia dan katalisis
  2. Mengembangkan kompetensi dan keahlian sumber daya manusia di bidang teknik reaksi kimia dan katalisis
  3. Menjadi pusat kegiatan pengembangan dan hilirisasi/komersialisasi hasil penelitian bidang teknik reaksi kimia dan katalisis
  4. Menjadi pusat kegiatan pelayanan bagi pemecahan masalah industri proses dan katalisis
  5. Menjadi gerbang bangsa untuk kerjasama interasional di bidang teknik reaksi kimia dan katalisis

21. Pusat Studi Agraria

Kepala Pusat : Dr. Andri Hernandi, ST., MT.

Email : andri@gd.itb.ac.id

Pusat Studi Agraria melibatkan berbagai disiplin ilmu. Misalnya geodesi, planologi, dan lingkungan. Pusat Studi Agraria mengkaji masalah pertanahan, kebijakan wilayah dan kota, pemetaan juga informatika data. Target awal Pusat Studi Agraria adalah studi mengenai kebijakan pertanahan. Selain itu, terdapat pula pelatihan administrasi pertanahan kepada pegawai BPN di program Pasca Sarjana, atau S-1 dan S-2 tentang Kebijakan dan Teknologi Pertanahan, serta akan dibuka program baru Diploma 1 untuk para surveyor BPN. Pusat Studi Agraria diharapkan bisa membantu mengakumulasikan pengetahuan agraria dan memastikan reformasi agraria berjalan.

22. Pusat Studi Lingkungan Hidup

Kepala Pusat : Prof. Dr. Ir. Tjandra Setiadi, M.Eng

Alamat : Jl. Sangkuriang 42 A, Bandung 40135, Indonesia
Tlp/Fax : 022-2500606/022-2504602
Email : pslh_itb@yahoo.com
Website : www.pslh.itb.ac.id / www.crecpi.itb.ac.id

 

Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH) ITB didirikan pada tahun 1979 sebagai salah satu pusat pembelajaran lingkungan di Indonesia. Pada tahun-tahun awal, pembentukannya bertujuan untuk memperkuat pembangunan institusi-lingkungan di Indonesia bersama dengan pembentukan Menteri Lingkungan di Indonesia pada waktu tersebut. Selanjutnya, pusat ini terlibat dalam banyak aktivitas yang berkaitan dengan permasalahan lingkungan, yaitu masalah lokal, regional, dan global. Program-program dan aktivitas dari pusat ini termasuk Riset dan Studi Lingkungan, training dan kelas singkat mengenai Penilaian Dampak Lingkungan (EIA), Audit Lingkungan, Analisa Masa Hidup Produk, Konsultasi Proyek Lingkungan, Persiapan Dokumen EIA, Pengetahuan Lingkungan, dll. Dan juga, pusat ini memiliki peran untuk mengintegrasikan riset antar disiplin ilmu lingkungan di ITB. Pusat ini memiliki sejarah kolaborasi yang panjang, yaitu institusi lokal atau asing, juga dengan agen pemerintahan atau perusahaan swasta.

23. Pusat Studi Sistem Tak Berawak

Kepala Pusat : Prof. Dr. Ir. Muljo Widodo Kartidjo

Alamat : Gd. Litbang Integrasi dan Aplikasi (PAU), Lt. 1
Jl. Tamansari No. 126, Bandung 40132, Indonesia
Tlp.: 022-70985886
Email : muljo@bdg.centrin.net.id
Website : http://www.centrums-itb.net.id

 

Pusat studi sistem tak berawak merupakan pusat studi yang mencakup penelitian di dinamika kendaraan, robotik, mekantronik, navigasi, sistem tak berawak untuk teknik penerbangan, serta aplikasinya. Cakupan Riset dari pusat studi sistem tak berawak meliputi teknik elektro, teknik fisika, teknik informatika, dan matematika. Hasil dari pusat studi tak berawak meliputi pemodelan dari unconventional vehicle dan struktur fleksibel. Sekarang, kegiatan pusta studi tak berawak melebarkan cakupannya hingga ke pengembangan sistem otonom tak berawak. Pusat sistem tak berawak melakukan baik teori-teori dasar maupun praktiknya dan berkomitmen untuk berkontribusi di bidang teknologi khususnya rapid prototyping, teknologi simulasi HIL, avionik biaya rendah dan kontrol kuat untuk kendaraan udara, tanah, maupun bawah laut.

24. Pusat Teknologi Instrumentasi dan Otomasi

Kepala Pusat : Ir. Estiyanti Ekawati, MT., Ph.D.

Alamat : Gd. Litbang Integrasi dan Aplikasi (PAU) Lantai 8
Jl. Tamansari No. 126, Bandung 40132, Indonesia
Tlp: 022-2514452/2534285
Email : services@instrument.itb.ac.id
Website : www.instrument.itb.ac.id

 

Pusat Teknologi Instrumentasi dan Otomasi (PTIO) berdiri pada 21 September 2005. Kegiatan PTIO mencakup penilaian, penelitian, dan pelatihan khususnya di teknologi otomasi, kontrol, dan instrumentasi. PTIO memiliki visi besar yaitu memberikan solusi yang praktis dan inovatif dalam meningkatkan kualitas dan efisiensi industri dengan misi mengoptimalkan potensi dan fungsionalitas otomasi, kontrol, dan teknologi instrumentasi. Terdapat 7 kegiatan utama yang difokuskan oleh PTIO, yaitu metrologi dan sensor, instrumentasi analisis, rekayasa instrumentasi dan kontrol, otomasi proses industri, optimasi industri, kegiatan pelatihan, publikasi jurnal

25. Pusat Teknologi Kesehatan dan Keolahragaan

Kepala Pusat : Dr. Hasballah Zakaria, ST., M.Sc.

Alamat : Jl. Gelap Nyawang No. 2 Bandung 40132, Indonesia
Tlp./Fax. : (022) 2534117
Email : –

Website : ptkk.itb.ac.id

 

Pusat Teknologi Kesehatan dan Olahraga bertujuan untuk membentuk Healthy People, Healthy Systems, Healthy Communities, Health Technology: Support Healthy Living & Medication, and Sport Technology: Support sport games & fitness. Oleh karena itu, Pusat Teknologi Kesehatan dan Olahraga memiliki visi besar untuk menjadi pusat dan jembatan (titik fokus) dari berbagai kemampuan di universitas dan industri untuk mempromosikan kesehatan masyarakat dan olahraga dan untuk menghasilkan tenaga kerja dan olahragawan dalam menghadapi tantangan. kompetisi global.

EnglishIndonesia