Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kepala PP : Dr. Ary Setijadi Prihatmanto, ST., MT.

 

Alamat :
4th Floor, Gd. Litbang Integrasi dan Aplikasi (PAU)
Jl. Tamansari No. 126, Bandung 40132, Indonesia
Phone : +62-22-4254034
Fax : +62-22-2508763
Website : pptik.itb.ac.id

 

Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi (PPTIK) ITB dibentuk pada akhir tahun 2004 berdasarkan SK Rektor No 174/SK/K01/OT/2004 sebagai organisasi program yang diberi mandat untuk menyelenggarakan dan mendukung Program Penelitian Unggulan ITB dalam kerangka menjamin efisiensi proses akumulasi pengetahuan dan pengalaman dalam kecendekiaan integrasi dan aplikasi,  serta menjamin efisiensi alokasi dan distribusi sumber daya dalam penerapannya.

 

Hingga usianya yang ke-15 tahun ini, PPTIK telah menjalin kerjasama antara ratusan mitra dalam dan luar negeri, menginisiasi kerjasama berbasis komunitas di berbagai bidang aplikasi, dan menghasilkan puluhan prototipe state-of-the-art pada skala lab maupun skala produksi sebagai dasar nyata dari kerjasama-kerjasama tersebut.

 

Dalam setiap bidang yang dikerjakan, PPTIK selalu berangkat dari analisa segitiga People-Process-Technology untuk memastikan ketiga elemen tersebut berada pada kesetimbangan yang harmonis. PPTIK percaya bahwa pada saat ini, teknologi telah sampai pada titik yang memungkinkan untuk mendukung variasi bentuk proses apapun yang mendukung ketersediaan sumber daya manusia yang ada untuk menghasilkan aktivitas yang optimal.

 

 

Untuk mensiasati tantangan masa ini dengan dibantu oleh pesatnya demokratisasi pengetahuan & teknologi, keberadaan komunitas terkait menjadi sangat penting. Kapasitas penerapan teknologi sebagai mediator untuk mencapai tujuan akan sangat bergantung pada seberapa besar komunitas yang terkait, dalamnya kompleksitas pembagian peran dengan tetap memastikan peran-peran tadi berada mampu direalisasikan dengan baik oleh setiap individu dengan derajat redundansi fault tolerant yang memadai. Dalam setiap persoalan yang dihadapi, PPTIK dengan bertumpu pada teknologi mencoba menjadi perekat dari berbagai pihak yang terkait untuk memastikan tujuan dapat dicapai dengan optimal.

 

Sebagai pusat penelitian dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, kegiatan penelitian PPTIK berpusat pada bagaimana mengintegrasikan teknologi-teknologi terkini seperti Internet of Things  dan Human-Content Interaction untuk menghasilkan informasi secara masif namun tetap terjangkau, menyalurkan informasi tersebut ke sistem penyimpanan dan pengolahan untuk dapat disimpan, diolah menjadi informasi baru yang lebih kaya, dan hasil dari proses pengolahan tersebut selanjutnya dapat disampaikan kepada pengguna atau diteruskan kembali ke sistem secara tepat guna dan tepat waktu.

 

Integrasi antara dunia fisik yang dan dunia maya (Cyber-Physical System) tersebut saat ini terjadi pada intensitas yang tidak terbayangkan sebelumnya. Jumlah informasi yang diperoleh dari sensor saat ini sangat-sangat besar dan dengan variasi yang sangat-sangat beragam (Big-Data), sehingga membutuhkan proses penyimpanan dan penerimaan kembali yang mampu menangani informasi pada jumlah sebesar itu. Proses pengolahannya pun tidak lagi mampu dilakukan dengan cara-cara yang biasa dan membutuhkan mesin yang mampu mengolah informasi baru tanpa perlu campur tangan manusia terlalu banyak (Artificial Intelligence).

 

Tetap dalam konteks keserasian segitiga People-Process-Technology, PPTIK membangun sistem unik yang memproses informasi dalam semua persoalan yang dihadapi dalam konteks di atas. Sistem yang diberi nama ITB Smart Platform dirancang untuk dapat menyimpan dan memproses informasi dalam bentuknya yang beragam, dalam jumlah yang banyak dan dapat ditingkatkan kapasitasnya dengan mudah. Sistem tersebut juga dirancang berdasarkan arsitektur otak manusia, sehingga memungkinkan pemrosesan data secara paralel, dan dapat menggunakan algoritma kecerdasan buatan apapun yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu masalah.

 

PPTIK ITB telah dan sedang menerapkan dan menguji sistem tersebut dalam berbagai bidang penerapan yaitu di bidang transportasi, kesehatan, pendidikan, komersial, pertahanan dan keamanan, dll. Semua aplikasi tersebut juga sedang dalam proses penerapan dan pengujian pada berbagai skala informasi: level unit, level daerah, dan level nasional.

 

Produk penelitian PPTIK antara lain:

(1) Face, Object, and Voice Detector

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(2) Semut App

 

 

 

 

 

 

 

(3) Streaming Radio Bandung (http://radio-bandung.lskk.ee.itb.ac.id/)

EnglishIndonesia