Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Pusat Mikroelektronika

Pusat Mikroelektronika

Kepala Pusat : Ir. Adi Idrayanto, M.Sc., Ph.D.

Alamat : Gd. Litbang Integrasi dan Aplikasi (PAU) Lantai 4
Jl. Tamansari No. 126, Bandung 40132, Indonesia
Phone : +62-22-2506280
Fax : +62-22-2508763
Email : info@pme.itb.ac.id
Website : www.pme.itb.ac.id

 

Pusat Mikroelektronika (PME) telah berdiri sebagai salah satu pusat penelitian di Indonesia yang berdiri pada tahun 1984 dengan direktur pertamanya adalah Prof. Dr. Samaun Samadikun. Prof. Samaun mempromosikan kepada pemerintah Indonesia dan industri untuk melakukan penelitian dan pengembangan alat mikroelektronika secara domestik. Saat ini Pusat Mikroelektronika dikepalai oleh Ir. Adi Indrayanto, M.Sc., Ph.D. PME telah menarik berbagai pihak dari pemerintah ataupun industri/swasta untuk bekerja sama terutama untuk pengembangan produk kerjasama dan roadmap teknologi. PME memiliki empat Laboratorium utama yaitu:

  1. Laboratorium Sistem dan Aplikasi mengembangkan sistem embedded untuk mengembangkan produk dan aplikasi dengan menggunakan komponen IC. Utamanya, lab ini mengembangkan komponen mikroelektronika, produk, dan sistem.
  2. Laboratorium Desain IC mengembangkan teknologi untuk mendesain IC menggunakan komputerisasi dan karakteristik dari komponen dan devais
  3. Laboratorium Devais dan Proses mengembangkan teknologi untuk analisis, karakteristik, desain, pengembangan dan memproses dari komponen elektronika dan devais untuk digunanakn pada rangkaian terintegrasi (IC).
  4. Laboratorium Manufaktur Elektronika mengembangkan teknologi PCB untuk manufaktur devais elektronik.

Ada tiga kategori dari sumber daya manusia di pusat ini, yang pertama adalah dosen yang mempunyai tanggung jawab utama sebagai perencana roadmap teknologi, peneliti yang berfungsi sebagai pengembangan teknologi, solusi dan produk, dan juga mahasiswa post-graduate sebagai peneliti akademik yang meneliti tentang inovasi teknologi baru. Seluruh kegiatan berdasarkan domain produk dan teknologi inovasi dimana tercakup di dalamnya produk, solusi, publikasi dan hak cipta.

 

Pada domain teknologi, Pusat Mikroelektronika saat ini fokus pada pengembangan system-on-chip (SoC), wireless, internet multimedia dan desain chip multimedia, serta teknologi sensor. Pada domain aplikasi, ada banyak cakupan yang dapat dikembangkan seperti instrumentasi cerdas, pengawasan lingkungan, elektronika industri, dan bidang pertahanan dan militer. Pusat Mikroelektronika telah sukses mendesain dan memanufaktur produk sebagai hasil dari kegiatan R&D di mana produk yang telah dihasilkan termasuk di dalamnya aplikasi dan solusi nyata seperti instrumentasi elektronika untuk aplikasi industri, produk-produk software dan publikasi serta hak cipta.

 

Program di Pusat Mikroelektronika
PME mengembangkan beberapa program dan kegiatan untuk mencapai visi dan misi, yaitu:

  • Memperluas jaringan melalui forum nasional dan global
  • Menyediakan pelatihan dan menambah keahlian bidang mikroelektronika
  • Melakukan penelitian dan pengembangan (R&D) di bidang produk elektronika
  • Melakukan inkubasi bisnis elektronika
  • Memulai pendirian Wafer Fab di Indonesia
  • Memulai pendirian Teaching Factory di Indonesia

1. Laboratorium Sistem dan Aplikasi Elektronik

Laboratorium Sistem dan Aplikasi Elektronik fokus pada pengembangan tingkat sistem dan aplikasi. Kami menggunakan komponen-komponen IC untuk mengembangkan produk dan aplikasi. Sistem ini mencakup pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak. Kami menargetkan desain produk dan sistem untuk produk massal.

 

Sistem Embedded

Kami mengembangkan sistem embedded yang terdiri atas komponen-komponen elektronika seperti mikroprosesor, memori dan interfacenya untuk aplikasi yang dapat memecahkan masalah di masyarakat.

 

Teknologi Smartphone

Kami mengembangkan teknologi ponsel pintar 4G dan melakukan produksi massal melalui kolaborasi dengan industri ponsel pintar lokal dan industri semikonduktor

 

2. Laboratorium Desain IC

Laboratorium Desain IC adalah salah satu Pusat Pendidikan Tinggi Unggulan di Indonesia. Topik penelitian kami berfokus pada munculnya IC analog-digital dan sistem embedded untuk berbagai aplikasi. Penelitian saat ini meliputi broadband nirkabel, pelacakan Wi-fi, e-voting, desain chip untuk IoT, sistem rumah pintar ringan, sistem kartu pintar dan RFID, serta perangkat dan sistem komunikasi cahaya tampak. Aplikasi tersebut seperti chipset baseband 4G, perangkat komunikasi jarak jauh menggunakan LoRa untuk nelayan, chip kartu pintar untuk kampus pintar dan transaksi digital, SoC untuk kesetiaan cahaya, chip untuk aplikasi IoT umum, dan lain-lain.

 

Arsitektur VLSI

Kami merancang arsitektur VLSI untuk implementasi chip yang optimal. Berbagai topologi arsitektur telah dikembangkan untuk aplikasi chip tertentu, seperti OFDM, OFDMA, Video Coding, AI dll. Kami menggunakan beberapa pendekatan Arsitektur seperti paralel, retiming, sistolik, pipa, dll.

 

VLSI digital

Kami merancang chip digital dari level RTL. Desain termasuk sintesis RTL, optimisasi daya rendah, optimasi kecepatan dan area, penempatan desain, dan perutean. Metodologi ini juga mencakup desain untuk verifikasi seperti formalitas, BIST, ATPG, pemindaian pindaian, dll.

 

3. Laboratorium Pemrosesan IC

Grup Riset Teknologi Pemrosesan Perangkat dan IC berfokus pada pengembangan teknologi untuk analisis, karakterisasi, desain, pemodelan, dan pembuatan perangkat mikroelektronik, sensor, dan sirkuit terintegrasi dalam skala mikro dan nano. Dalam mendukung pengembangan industri elektronik lokal, grup ini terlibat dalam pembangunan Wafer Fab Indonesia dengan kapasitas produksi chip berbasis teknologi CMOS untuk memasok kebutuhan chip domestik untuk aplikasi kartu pintar. Kelompok ini juga bertujuan mempromosikan IC dan teknologi fabrikasi semikonduktor ke sumber daya manusia lokal yang dibutuhkan oleh industri elektronik masa depan.

 

Perangkat Memory Flash

Dengan menggunakan teknologi Computer Aided Design, kami mempelajari dan merancang perangkat memori yang tidak mudah menguap berdasarkan floating gate dan teknologi SONOS.

 

Perangkat Fotonik

Salah satu penelitian kami adalah tentang perangkat mikro / nanofotonik. Kami mempelajari sifat fotonik dari semikonduktor nanostruktur seperti nanowire untuk merancang photodetector atau sel surya dengan menggunakan simulasi FTDT.

 

4. Laboratorium Manufaktur Elektronika

Laboratorium ini dibentuk dengan tujuan untuk membantu industri elektronik lokal menguasai teknologi, meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dan juga mengembangkan industri lokal untuk memproduksi peralatan manufaktur elektronik dalam jangka panjang. Teknologi spesifik yang telah dikembangkan mencakup pengemasan IC, multilayer PCB, dan perakitan elektronik. Kelompok riset ini telah berhasil mendirikan pabrik dan pengajaran di Politeknik Negeri Batam. Ada sejumlah topik penelitian lanjutan khusus yang akan ditempuh dalam waktu dekat termasuk: pengemasan IC tingkat lanjut, dan HDI (High Density Interconnect) PCB dan perakitan papan elektronik. Kami juga bertujuan mengembangkan teknologi manufaktur elektronik dengan mematuhi spesifikasi ruang dan militer. Mempelajari dan mengembangkan teknologi untuk manufaktur elektronik. Ini termasuk pengembangan multilayer PCB, perakitan PCB, inspeksi dan uji PCB.

 

Pengembangan PCB

Kami mengembangkan teknologi untuk pengembangan PCB dan optimalisasi proses.

 

Perakitan PCB

Kami mengembangkan untuk perakitan PCB dan optimisasi proses.

 

Inspeksi PCB

Kami mengembangkan sistem inspeksi PCB untuk meningkatkan kualitas pembuatan sistem elektronik.

EnglishIndonesia