Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Pusat Pengembangan Wilayah Pesisir dan Laut

Pusat Pengembangan Wilayah Pesisir dan Laut

Kepala Pusat : Mohammad Farid, ST., MT., Ph.D.

 

Alamat :
4th Floor, Gedung Labtek VI, ITB
Jl. Ganesha No. 10 Bandung 2512430, Indonesia

Tlp : 022-2512430
Email : ppk@ppk.itb.ac.id; mfarid@ftsl.itb.ac.id
Website : www.ppk.itb.ac.id

 

Pusat Pengembangan Wilayah Pesisir dan Laut Institut Teknologi Bandung (PPWPL-ITB) didirikan pada tahun 2005 yang merupakan kelanjutan dari Pusat Penelitian Kelautan yang didirikan pada tahun 1992. PPWPL-ITB bertanggung jawab untuk melakukan penelitian di bidang pesisir dan laut dengan tujuan untuk berkontribusi dalam memanfaatkan sumber daya pesisir dan laut dan memecahkan masalah pesisir dan laut. Pusat ini memiliki keunggulan dalam pemodelan wilayah pesisir dan laut dan telah menunjukkan kemampuannya dalam membantu berbagai instansi kementerian, pemerintah daerah, dan perusahaan swasta dalam memecahkan masalah dalam pengembangan pesisir, perikanan, dan degradasi lingkungan.

 

Dasar Pembentukan

PPWPL-ITB dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Rektor Institut Teknologi Bandung Nomor: 099/SK/K01/OT/2005 tentang Pembentukan dan Pengangkatan Pimpinan Pusat.

 

Visi dan Misi

PPWPL-ITB mempunyai visi untuk menjadi pusat pengembangan pesisir dan laut yang unggul serta dengan pendekatan sains dan teknologi mampu menjawab permasalahan pengelolaan kepesisiran dan kelautan untuk kemakmuran rakyat, bangsa, dan negara.

 

Misi PPWPL ITB adalah:

  • Berkontribusi dalam penyusunan kebijakan dan pengembangan/penerapan IPTEK bagi pengembangan, pelestarian dan monitoring wilayah pesisir dan laut.
  • Berkoordinasi dan bersinergi dengan pusat, kelompok keahlian, laboratorium, dan fakultas dalam melakukkan kajian kepesisiran dan kelautan.
  • Berkontribusi pada asosiasi keahlian dan jejaring kerjasama nasional maupun internasional.
  • Bekontribusi dalam pemberdayaan masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil.
  • Berkontribusi sebagai clearing house bagi permasalahan kepesisiran dan kelautan.
  • Berkontribusi dalam diseminasi informasi kepesisiran dan kelautan nasional.

 

Road Map

Pada dasarnya roadmap PPWPL telah disusun pada saat awal pembentukannya, roadmap secara kontinu diupdate berdasarkan dinamika perkembangan karakteristik wilayah pesisir dan laut dan kebijakan terkait yang ada. Update ini perlu dan harus dilakukan mengingat, terdapat koridor bidang dan fokus penelitian bagi masing-masing unit/lembaga peneliti sesuai kewenangan dan kemampuan yang dimilikinya terkait kebijakan tersebut diatas. Dalam hal ini, roadmap PPWPL diupdate terakhir kalinya berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 Bab IX A tentang Wilayah Negara, Undang-Undang No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Undang-Undang No. 32 tahun 2014 tentang Kelautan, dan kebijakan riset ITB. Berdasarkan hal tersebut maka PPWPL-ITB menetapkan prioritas penelitian tiga tahun kedepan mencakup beberapa hal sbb. :

  • Pengkajian dinamika karakteristik pesisir dan laut
  • Pengembangan lanjut infrastruktur data spasial pesisir dan laut
  • Penelitian lanjut terkait kebencanaan seperti gempa, tsunami, banjir (runoff, rob), land subsidence, maritim work (reklamasi, pipeline, dlsb.) dan perubahan iklim pada kawasan pesisir dan laut
  • Pengembangan/penerapan IPTEKS bagi pengelolaan kawasan pesisir dan laut
EnglishIndonesia