Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Pusat Penginderaan Jauh

Pusat Penginderaan Jauh

Kepala Pusat : Prof. Ir. Ketut Wikantika, M.Eng., Ph.D.

 

Alamat :
3rd Floor, Gedung Labtek IX-C
Jl. Ganesha 10 Bandung 40132, Indonesia
Phone/Fax: +6+22-2530701
Email : office@crs.itb.ac.id
Website : http://crs.itb.ac.id

 

Penginderaan jauh – sains dan teknologi pengumpulan informasi tanpa benar-benar menyentuh objek – memegang peran penting di antara teknologi yang muncul saat ini. Penginderaan jauh terbukti sangat fleksibel; itu dapat digunakan di hampir setiap aspek kehidupan modern. Dengan demikian, penginderaan jauh dianggap sebagai salah satu teknologi yang paling cepat berkembang. Tren yang luar biasa mendorong pendirian Centre for Remote Sensing ITB (CRS-ITB) pada tanggal 21 September 2005.

 

Dalam kurang lebih sepuluh tahun masa kerja kami, CRS-ITB telah berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan, baik secara ilmiah maupun praktis. Kegiatan kami meliputi pengembangan berbagai aplikasi untuk praktik industri dan pemerintahan, pengembangan metode alternatif, serta kegiatan peningkatan kapasitas.

 

Untuk memperluas jaringan kami, kami juga terlibat dalam beberapa asosiasi di Indonesia, seperti Masyarakat Penginderaan Jauh Indonesia (MAPIN), Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI), Asosiasi Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI IPOA). Kami secara aktif membangun banyak kemitraan dengan mitra lain, termasuk universitas, pusat penelitian, pemerintah, perusahaan swasta, dan banyak lagi.

 

Selain itu, kami juga telah berpartisipasi dalam beberapa acara internasional, seperti Asian Conference on Remote Sensing (ACRS), International Geoscience and Remote Sensing Symposium (IGARSS), Internasional Society for Photogrammetry and Remote Sensing (ISPRS), International Cartographic Association (ICA) ) dan masih banyak lagi.

 

CRS-ITB secara teratur menerbitkan Buku Indonesia Penginderaan Jauh (Bunga Rampai Penginderaan Jauh Indonesia), serta makalah dan penelitian baik di jurnal nasional dan internasional terkemuka (misalnya International Journal of Remote Sensing, PLOS One, IEEE, IInternational Journal of Tomography and Simulation, Journal of Sensors, JARQ Quarterly).

 

Visi

  • Menjadi pusat inovasi dan pengembangan teknologi penginderaan jauh dan aplikasi yang berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan

Misi

  • Mengembangkan sistem dan teknologi penginderaan jauh yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan Indonesia.
  • Untuk membangun jaringan dan kemitraan dengan institusi yang ada di Indonesia dan luar negeri dalam mengembangkan sistem dan teknologi penginderaan jauh.
  • Untuk berkontribusi dalam industri geomatika dengan mengembangkan sistem dan teknologi penginderaan jauh.

Program dan Kegiatan

  1. Kegiatan penelitian dan pengembangan untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan penggunaan lahan bertingkat dan penutupan lahan.
  2. Pengembangan spektroradiometer genggam berbiaya rendah.
  3. Pembentukan perpustakaan spektral dan kalender tanaman.
  4. Pengembangan perangkat lunak pengolah gambar untuk keperluan akademik dan geomatika-industri.
  5. Pengembangan metode dan teknik baru dalam pemrosesan gambar.
  6. Penerapan sistem dan teknologi penginderaan jauh untuk tujuan nasional.
  7. Partisipasi dalam pertemuan / simposium ilmiah nasional dan internasional.
  8. Kegiatan penelitian kolaborasi dengan mitra domestik atau internasional.
  9. Kegiatan pemberdayaan masyarakat, melibatkan masyarakat dalam penerapan penginderaan jauh.
  10. Mendukung kegiatan pendidikan pasca sarjana berbasis penelitian di bidang penginderaan jauh.
  11. Pengembangan big data geospasial.
  12. Kolaborasi dengan pemerintah nasional dalam memanfaatkan penginderaan jauh dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.
  13. Pelatihan, lokakarya, dan program pendidikan berkelanjutan.
  14. Mendukung pemerintah dalam menetapkan kebijakan penginderaan jauh, terutama untuk rencana jangka panjang dalam pengembangan sistem pengamatan bumi (satelit, berbasis udara dan berbasis daratan).
EnglishIndonesia