Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Pusat Rekayasa Industri

Pusat Rekayasa Industri

Kepala Pusat : Ir. Cahyono, Ph.D.

 

Alamat : Gedung Riset dan Inovasi Lantai 3, Jl. Ganesa 10 Bandung 40132
Tlp/Fax : 022-2512971-72
Email : pri@pri.itb.ac.id; mcahyono@ftsl.itb.ac.id ; cahyono@itb.ac.id
Website : www.pri.itb.ac.id

 

Pusat Rekayasa Industri (PRI-ITB) merupakan salah satu pusat yang ada di ITB dengan visi sebagai pusat penelitian dan pengembangan rekayasa industri yang unggul secara nasional, diakui secara internasional dan berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat Indonesia.

 

Misi yang diemban PRI dalam usaha untuk mewujudkan visinya adalah menjalankan program-program untuk memberdayakan industri nasional melalui penelitian, layanan kepakaran, dan pelatihan yang dilakukan oleh kelompok riset PRI-ITB dan ikut meningkatkan kualitas pasca sarjana ITB.

 

Pusat Rekayasa Industri Institut Teknologi Bandung (PRI-ITB) terdiri dari 6 (enam) Laboratorium. Setiap laboratorium terdiri dari kelompok riset sebagai forum keahlian dalam perencanaan dan menjalankan program masing-masing kegiatan laboraturium, terutama program penelitian dan kerjasama lainnya. Pada periode 2015-2019, di setiap laboraturium jumlah anggota peneliti dosen per tahun rata-rata berjumlah 6-8 orang, peneliti non-dosen per tahun rata-rata 2-3 orang, dan peneliti mahasiswa pascasarjana per tahun rata-rata berjumlah 20-25 orang. Sarjana dan pascasarjana di PRI-ITB terdiri dari sekretariat dan fasilitas di masing-masing laboraturium/kelompok riset.

 

Fokus Penelitian

Program Kerja PRI-ITB difokuskan pada penelitian, pengembangan web dan kerjasama antarlaboratorium, dan program-program strategis lainnya seperti mengatasi isu-isu strategis dalam industri, dan mengumpulkan dana untuk menjalankan kegiatan pusat. Program lain adalah melaksanakan diseminasi hasil penelitian melalui publikasi dan/atau makalah dalam jurnal ilmiah atau prosiding seminar nasional dan internasional, mendukung pendidikan pascasarjana ITB dengan melibatkan mahasiswa dalam program studi dan sektro swasta, serta pelatihan untuk memberdayakan industri. Hingga tahun 2018, telah dilakunan pelaksanaan penelitian 50 judul, publikasi 189 judul, kerjasama dengan pihak ketiga 61 judul kegiatan (2015-2018).

 

 

Berikut adalah alat-alat yang ada di laboratorium PRI:

EnglishIndonesia