Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Pusat Teknologi Pertahanan dan Keamanan

Pusat Teknologi Pertahanan dan Keamanan
(Pusat Unggulan Iptek Teknologi Pertahanan dan Keamanan)

 

Kepala Pusat : Djarot Widagdo, Ph.D.

Alamat : Gedung Riset dan Inovasi Lantai 1, ITB Jl. Ganesa 10 Bandung
Tlp : 022-2501759
Website : http://pustekhan.itb.ac.id/

Email : admin@pustekhan.itb.ac.id

 

Salah satu pencetus dibentuknya Pusat Teknologi Pertahanan dan Keamanan (Pustekhan) adalah melalui program Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi (PUI-PT) dari Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) pada tahun 2016 yang menilai ITB sebagai perguruan tinggi teknik utama di Indonesia di mana selama ini cukup banyak melakukan kegiatan penelitian yang manfaatnya untuk aplikasi teknologi di bidang pertahanan dan keamanan dinilai siap untuk mengelola Pustekhan. Dengan adanya Pustekhan sebagai pusat nasional, diharapkan kegiatan penelitian dan pengembangan (litbang) yang cenderung parsial dapat lebih terkoordinasi sehingga dapat menghasilkan dampak yang lebih kuat dan efektif dalam memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemandirian teknologi dan industri di bidang Pertahanan dan Keamanan (Hankam) ini.

 

Fokus Penelitian

Untuk fokus penelitian yang dilaksanakan di Pustekhan mencakup bidang Aeronotika, Mekanika, Elektronika, Telekomunikasi, Sistem Kendali, dan Material yang merupakan berbagai bidang utama dasar untuk pengembangan teknologi pertahanan.

 

Salah satu dari beberapa kegiatan penelitian yang dilaksanakan adalah pengembangan material untuk produk pertahanan dan keamanan yang dikembangkan di Green Polymer Laboratory Program Studi Teknik Material Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung. Aktivitas penelitian yang dilakukan di antaranya adalah tentang pengembangan baju anti peluru dan menganalisis serta mengembangkan material dengan bahan dasar yang dapat diproduksi di Indonesia. Selain itu juga dikembangkan material pada baju anti peluru yang dapat menahan peluru dengan efektif namun bersifat ringan, serta pelindung yang memanfaatkan bahan alami dari Indonesia. Sedang dikembangkan pula teknologi untuk mencegah terjadinya kebocoran yang berlebihan pada tangki ketika terkena peluru.

 

Untuk riset yang diunggulkan adalah pada bidang Unmanned Aerial Vehicle (UAV) / Pesawat Tanpa Awak serta material karena untuk bidang-bidang tersebut sudah terjalin komunikasi serta kerja sama dengan pihak industri.

 

Penerapan hasil penelitian diimplementasikan untuk pemenuhan permintaan bagi kebutuhan pertahanan dan keamanan nasional dengan memaksimalkan pemanfaatan sumber daya dan teknologi dari dalam negeri di mana kualitasnya pun tidak kalah dengan produk dari luar negeri.

 

Berikut adalah beberapa foto dari objek penelitian yang dilakukan:

EnglishIndonesia