Enter your keyword

SBM-ITB dan Food Bank Bandung Mengadakan Sosialiasasi tentang Food Bank di Kelurahan Mekarjaya, Bandung

SBM-ITB dan Food Bank Bandung Mengadakan Sosialiasasi tentang Food Bank di Kelurahan Mekarjaya, Bandung

SBM-ITB dan Food Bank Bandung Mengadakan Sosialiasasi tentang Food Bank di Kelurahan Mekarjaya, Bandung

Pada hari Jumat (9/4/2021), Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM-ITB) dan Food Bank Bandung melalui program pengabdian kepada masyarakat LPPM-ITB melakukan kegiatan pemaparan tentang Food Bank di Kelurahan Mekarjaya, Kota Bandung. Kegiatan ini dihadiri oleh 16 Kader Posyandu dari 11 RW dan Ketua Kelompok Kerja 3 dan 4 di Kelurahan Mekarjaya yang menjadi mitra Food Bank Bandung dalam setiap kegiatan distribusi donasi makanan. Kegiatan ini dibuka oleh Lurah Mekarjaya Adi Akhmad Sudrajat, S.IP dan ketua program pengmas Food for life, Emilia Fitriana Dewi.

Bapak Adi selaku Lurah Mekarjaya menyampaikan bahwa keberadaan food bank bisa membantu pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan warganya yang masih kesulitan, terutama di masa pandemi COVID-19. Bapak Adi juga berterima kasih kepada tim Food for life SBM-ITB dan LPPM-ITB dalam hal peningkatan kapasitas Food Bank Bandung yang beroperasi di Kelurahan Mekarjaya.

Pemaparan tentang Food Bank diberikan oleh ketua Food Bank Bandung, Gendis Ayu Satiti Irawan. Didalam presentasinya, Gendis memaparkan program Asupan Sehat Anak (ASA) yang bergerak dalam pencegahan stunting yang menjadi prioritas pemerintah Kota Bandung. Dalam program ASA ini, kader posyandu berperan penting dalam memberikan penyuluhan terkait stunting dan melakukan koordinasi dengan Food Bank Bandung dalam memberikan informasi tentang jumlah anak yang perlu mendapatkan dukungan makanan.

Kegiatan dilanjut dengan penyuluhan yang diberikan oleh Dematria Pringgabayu dan Kurnia Fajar Afgani terkait menabung dan hutang di Bank kepada para kader posyandu yang menjadi pusat informasi warga lokal. Pemaparan informasi tentang menabung dan hutang  Dematria dan Kurnia memaparkan informasi praktis terkait menabung, cara memilih bank dan pentingnya menanyakan informasi secara detail ketika mengajukan kredit kepada bank. Konten pemaparan ini bisa membantu warga untuk menjadi lebih mandiri dalam mengelola keuangannya.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilanjutkan dengan kegiatan sukarela yang dilakukan oleh Miranda Bethseba Gabriela, mahasiswi SBM-ITB yang dilakukan pada Sabtu 10 April 2021. Sheba melakukan kegiatan sukarela seperti pembelajaran sistem inventori di food bank, sorting produk makanan, dan membuat paket donasi untuk warga. Setelah kegiatan di gudang Food Bank Bandung, kegiatan dilanjutkan dengan distribusi 120 dus susu, 35 paket donasi, dan 72 kaleng biskuit untuk petugas sanitasi di Babakan Siliwangi dan posyandu Melati Kelurahan Kebon Pisang. Dalam kegiatan distribusi donasi makanan ini, 35 balita mendapat bantuan tambahan makanan yang terdiri dari susu, makanan tambahan, dan vitamin.

Penulis: Muchammad Gumilang Pramuwidyatama

 

Unknown